Nasional

Sabtu, 5 Oktober 2019 - 01:04 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Keluarga Manggarai Raya yang berada di tenda pengungsian pasca tragedi kemanusiaan yang terjadi di Wamena Papua (Ist)

Keluarga Manggarai Raya yang berada di tenda pengungsian pasca tragedi kemanusiaan yang terjadi di Wamena Papua (Ist)

Puluhan Keluarga Manggarai Raya di Wamena Mengungsi dan Berharap Uluran Kasih Agar Bisa Pulang ke Flores

Floreseditorial.com – Akibat Konflik yang terjadi pasca kerusuhan/tragedi kemanusiaan yang terjadi di Waemena Papua, sebanyak 80 orang keluarga Manggarai harus mengungsi dari Wamena untuk menyelelamatkan diri pasca kerusuhan yang terjadi pada tanggal 29 september lalu.

Informasi yang diterima redaksi floreseditorial.com melalui Hans Palen, salah seorang warga Manggarai yang saat ini berada di Papua menjelaskan bahwa kini para pengungsi asal Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur berada di tenda/posko pengungsian di jayapura dan rencananya akan pulang ke kampung halaman masing-masing di Flores.

Keluarga Manggarai Raya yang berada di Pengungsian dan berharap bantuan agar bisa pulang (Ist)

“Langkah konkrit yang sedang dipikirkan oleh sesepuh Manggarai, Flobamora kini berupaya agar 80 sanak saudara kita yang ada disini bisa kembali ke kampung halaman mereka di tanah Manggarai, karena sudah tidak ada yang tersisa di sini,” kata Hans.

Adapun kebutuhan mereka saat ini, lanjut Hans saat dihubungi media ini melalui telepon selulernya pada Jumat (04/10) menjelaskan bahwa bantuan berupa makanan, pakaian layak pakai, perlengkapan anak bayi serta kebutuhan transportasi untuk bisa pulang ke tanah Manggarai.

“Sebab, pasca kerusuhan terjadi, mereka hanya bisa menyelamatkan diri, keluarga dan anak-anak mereka. Pakaian hanya ada di badan dan mengharapkan uluran tangan kasih keluarga Manggarai yang ada disana semua untuk meringankan beban mereka agar mereka pulang,” tandasnya.

Ia menjelaskan bahwa saat ini sudah 3 hari mereka berada di tempat pengungsian.

“Bahkan ada yang tidak mendapatkan tempat berteduh dan istirahat. Mereka berharap bisa Pulang dsn bertemu keluarga mereka masing-masing di kampung halaman,” ungkapnya.

Puluhan keluarga Manggarai Raya berada di tenda pengungsian pasca tragedi kemanusiaan di Wamena Papua (Ist)

“Saya sangat berharap Pemprov NTT dan Pemerintahan daerah kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur bisa mengambil langkah kemanusiaan, agar saudara-saudara kita segera pulang,” pintanya.

Ia menceritakan bahwa terdapat sejumlah bayi yang berumur 1 bulan dan beberapa anak-anak serta ibu ibu-ibu yang sangat membutuhkan uluran kasih dari kita semua.

“Mereka butuh kehadiran sanak saudara di Manggarai raya ditengah konflik kemanusiaan,” tuturnya.

Informasi:

Bagi segenap sanak saudara yang ingin berkoordinasi dengan keluarga Manggarai raya yang berada di Papua, bisa menghubungi nomor telepon 081343133401

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 44 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya
x