News

Kamis, 6 Februari 2020 - 12:49 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Yohanes Harmin Sahaja, Sekretaris AJO Kabupaten Manggarai Timur (Ist)

Yohanes Harmin Sahaja, Sekretaris AJO Kabupaten Manggarai Timur (Ist)

AJO Matim Rayakan HPN Dengan Menanam Pohon di Kecamatan Kota Komba

Floreseditorial.com, Borong – Masih dama rangkaian acara memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Aliansi Jurnalis Online (AJO) kabupaten Manggarai Timur akan melaksanakan penanaman pohon.

Rencana penanaman 1000 pohon ini akan dilaksanakan di Kampung Gurung, Desa Ruan, kecamatan Kota Komba, kabupaten Manggarai Timur pada Sabtu (08/02/2019).

Sekretaris AJO Kabupaten Manggarai Timur Yohanes Harmin Sahaja menuturkan, dalam peringatan HPN kali ini, AJO sengaja mengajak masyarakat dan pelajar untuk aksi tanam pohon.

“Hal ini dilakukan untuk mengingatkan generasi muda agar menjaga dan melestarikan lingkungan”, kata Pimpinan Umum Posflores.com itu.

Mengusung Tema KONSERVA(K)SI, AJO Matim Galakan Penanaman Pohon di kecamatan Kota Komba

Dipilihnya tema menjaga lingkungan, kata Yon, mengingat akhir-akhir ini banyak bencana alam yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan. Bahkan, tidak sedikit bencana tersebut memakan korban jiwa.

“Dengan kejadian bencana itu, kita yang melaporkan kepada khalayak ramai. Nah, kita juga ingin berkontribusi untuk kabupaten Manggarai Timur meskipun hanya dengan menanam pohon,” papar Yom, Kamis (06/02/2020).

Selain melakukan aksi penanaman pohon, dalam kegiatan ini juga diadakan sharing dan diskusi.

Diskusi itu sendiri diisi dengan ajakan kepada generasi muda untuk bijaksana dalam menggunakan media sosial seiring maraknya berita hoaks.

Dalam diskusi ini, pemateri diisi dari wartawan tagar.id Yoseph Sarani Syukur. Menurut Yon, karena pers mempunyai peran penting dalam memerangi hoaks dan pelestarian alam. 

“Pers berperan penting, independen dalam menyampaikan apa yang ada di lapangan. Kita juga harus berani melaporkan jika nantinya ada kerusakan lingkungan di sekitar kita. Pers membangkitkan kembali kesadaran masyarakat,” katanya.

Kegiatan HPN ini, kata Yon, akan diikuti oleh semua media Online yang ada di kabupaten Manggarai Timur yang berada dibawah naungan AJO sebagai organisasi Media online di kabupaten tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana HPN AJO 2020 Yopie Moon menjelasakan bahwa kegiatan tersebut melibatkan sejumlah kalangan seperti Pelajar, Masyarakat dan sejumlah stakeholder di kabupaten Manggarai Timur.

“Ada siswa SMPN VI Kota Komba, Masyarakat Desa Ruan dan berbagai stakeholder seperti Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai Timur, Bagian Humas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Timur akan turut berpartisipasi dalam merayakan HPN 2020 Ini,” kata Yopi.

Menurutnya, Penanaman anakan pohon yang akan dilaksanakan pada tanggal 08 Februari 2020 itu akan dilaksanakan di dua titik yang berbeda.

“Di SMPN VI Kota Komba dan di Kantor Desa Ruan,” tukasnya.

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 665 kali

Baca Lainnya
x