Alarm peringatan dini banjir yang terdapat di bantaran sungai wae bobo yang tidak berfungsi (Foto: TeamYPF)

FLORESEDITORIAL.COM, BORONG –
Alarm peringatan banjir yang terdapat di beberapa titik sepanjang Sungai Wae Bobo, Borong, tidak berfungsi.

Padahal, fungsi alarm tersebut sangat penting untuk peringatan kepada warga sekitar sungai saat air meluap atau banjir bandang datang.

Dari pantauan di lapangan, Sabtu (12/1/2019), setidaknya ada tiga alarm banjir yang dipasang pemerintah daerah kabupaten Manggarai Timur di sepanjang bantaran sungai Wae bobo pada tahun 2018 silam yang tidak berfungsi.

Salah satunya di kampung Nggeok yang letaknya di tengah Kota Borong. Lokasi tersebut merupakan wilayah padat penduduk. Keberadaan alarm ini sangat penting bagi warga jika banjir datang. Lampu dan sirene yang seharusnya menyala sebagai pertanda alarm aktif mati.

Matinya alarm peringatan dini banjir tersebut sangat ironis di tengah bahaya banjir yang setiap saat datang mengancam.

Nurdin, salah seorang warga kampung Geok menjelaskan sejak dipasang oleh pemerintah daerah kabupaten Manggarai Timur, alarm tersebut tidak pernah berfungi.

“Apa gunanya alat ini dipasang, jikalau tak ada alarm yang muncul ketika banjir datang,” jelas Nurdin, Sabtu (12/01/2019).

Menurutnya, sudah beberapa kali banjir menghantam pemukiman warga, namun keberadaan alat tersebut sama sekali tidak dapat membantu warga untuk diberikan peringatan dini.

Sementara hingga saat ini, pihak dinas penanggulangan bencana daerah kabupaten Manggarai Timur belum berhasil dikonfirmasi.

Laporan : Yon Sahaja

Komentar Anda?

Komentar Anda?