News

Minggu, 27 Oktober 2019 - 19:58 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Lima bakal calon ketua IKAMSI (Ist)

Lima bakal calon ketua IKAMSI (Ist)

Diaspora Manggarai Jawa Timur Resmi Bentuk Wadah IKAMSI

Floreseditorial.com, Sidoarjo – Ikatan Keluarga Manggarai Sidoarjo (IKAMSI) resmi terbentuk setelah terpilihnya kepengurusan yang sah. Dalam musyawarah besar yang bertema kekeluargaan itu, terpilih Eduardus Romo sebagai Ketua, mengungguli 4 pesaingnya yang dipilih secara demokratis tersebut.

Usai pemilihan, kepada awak media, Edu menegaskan komitmennnya untuk membangun IKAMSI ke arah lebih baik dengan model yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Puji Tuhan, terimakasih atas dukungan keluarga besar Manggarai Sidoarjo yang telah mempercayai saya untuk menjadi ketua IKAMSI periode 2019-2023,” kata Eduardus Romo.

Ia berharap, dalam periode kepemimpinannya didasarkan pada kerjasama kolektif kolegial.

“Saya mengajak kita semua dan berharap kerja sama kolektif kolegial untuk membangun keluarga Manggarai Sidorjo agar ke depan lebih baik,” imbuhnya.

Iapun mengutip pesan ayahnya ketika akan merantau ke pulau Jawa.

Teu ca ambo neka woleng lako, muku ca pu.u neka woleng curup, yang artinya kerjasama antar sesama warga Manggarai menjadi kunci keberhasilan IKAMSI di masa depan,” jelasnya.

Ia berharap, setiap elemen diaspora Manggarai, agar turut ambil bagian dalam setiap kegiatan ataupun dalam program sosial budaya yang dirancang oleh pengurus terpilih. Dalam kesempatan tersebut, ia juga meminta saran dan dukungan dari para sesepuh agar terus membimbing perjalanan organsisasi berbasis kekeluargaan ini.

Pantauan media, usai pemilihan, dilanjutkankan dengan pelantikan, upacara pelantikan sendiri dipimpin oleh ketua Ikatan Keluarga Manggarai Surabaya (IKEMAS) Tarsisius Kejuru.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, saya resmi melantik saudara Eduardus Romo sebagai ketua IKAMSI terpilih,” kata Tarsisius sembari mengenakan topi songke dan mengalungkan selendang bermotif Manggarai sebagai tanda disahkan Eduardus Romo sebagai ketua IKAMSI.

Setelah acara pelantikan, Tarsius Kejuru memberi pesan kepada warga Manggarai Sidoarjo. Dalam kesempatan itu, Tarsi mengapresiasi keaktifan warga Manggarai Sidorjo, ketika mengambil bagian dalam berbagai kegiatan Ikatan Keluarga Manggarai Surabaya selama ini.

Ia juga mengingatkan, agar persatuan dan kesatuan warga Manggarai itu harus dijaga, selain itu iapun meminta agar warga Manggarai Sidoarjo bahu membahu dan rela berkorban dalam segala hal untuk keberlangsungan komunitas keluarga Manggarai Sidoarjo.

“Saya sangat apresiasi keluarga Manggarai Sidoarjo, yang selama ini sering terlibat aktif dalam setiap kegiatan IKEMAS, karena selama ini yang saya tahu, yang lebih banyak aktif di IKEMAS adalah keluarga Manggarai Sidoarjo. Sontak para hadirin bertepuk tangan meriah.

Tarsi melanjutkan bahwa organisasi tersebut adalah organisasi nonprofit.

“Tanpa ada keuntungan, kita benar-benar harus total untuk mengorbankan segalanya untuk keluarga Manggarai, dalam hal apa saja, kita harus siap,” ungkapnya.

Iapun menyentil pengurus yang terpilih agar kepengurusannya tidak pasif dalam setiap persoalan yang dihadapi orang Manggarai.

“Pak ketua terpilih dan para pengurusnya, diharapkan untuk bekerja sepenuh hati tanpa berorientasi pada keuntungan pribadi. Kita harapkan dan percaya bahwa kepengurusan IKAMSI ini akan lebih baik ke depan dan menjadi contoh bagi kita semua,” tegas Tarsisius.

Laporan : Wahyu

Artikel ini telah dibaca 281 kali

Baca Lainnya
x