News

Sabtu, 25 Januari 2020 - 12:20 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Pose bersama di Halaman Masjid Alhidaya usai masjid di Renovasi (Dok.LSM Ilmu)

Pose bersama di Halaman Masjid Alhidaya usai masjid di Renovasi (Dok.LSM Ilmu)

Haleluya.. Masjid Alhidayah Ini Sudah Direnovasi

Floreseditorial.com, Borong – Hidup berdampingan dalam keberagaman suku dan agama sudah menjadi hal biasa bagi warga di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Saling membantu dengan mengedepan prinsip gotong royong sudah sering dilakukan oleh warga Nusa Tenggara Timur termasuk di kabupaten Manggarai Timur. Toleransi yang telah dijaga turun temurun itu melekat erat dalam diri warga di provinsi kepulauan itu.

Semangat toleransi warga di kabupaten Manggarai Timur kembali ditunjukkan oleh masyarakat NTT di kabupaten Manggarai Timur dengan merenovasi sebuah Masjid yang terdapat di kampung Nangalanag, desa Beangencung.

Umat Katolik di kecamatan Ranamese itu diketahui telah meronovasi sebuah Masjid selama hampir dua tahun sejak tahun 2018 silam. Nama masjid tersebut adalah Masjid Alhidayah – Nangalanang.

Dony Pareira, koordinator renovasi Masjid dusun Nangalanang kepada media ini menjelaskan bahwa Renovasi Musolah bagi warga Dusun Nangalanang itu sudah dilakukan sejak dua tahun silam.

Warga dusun yang meyoritas beragama Katolik mengumpulkan uang, material dan beberapa kebutuhan untuk merenovasi Masjid tersebut.

Imam Masjid Alhidaya Nangalanang menyampaikan ucapan terimakasih kepada umat Katolik dan Donatur (Vid.Dok LSM ILMU)

“Puji Tuhan, Halleluya, kita berhasil meronovasi Masjid ini selama hampir dua tahun” kata Dony, Sabtu (25/01/2020)

Menurut Koordinator LSM ILMU itu, selain mendapatkan dana yang diperoleh dari warga, pihaknya juga meronovasi masjid dengan bantuan donatur – donatur lokal yang juga turut memberikan uluran tangan untuk merenovasi tempat ibadah umat Islam di dusun tersebut.

Kata dia, untuk merenovasi masjid tersebut, umat Katolik dan umat muslim di dusun tersebut bergotong royong melakukan perbaikan.

“Dari mengganti beberapa bagian kayu dan atap masjid yang rusak hingga finishing dan pengecatan, dan itu semua kami lakukan bersama-sama,” ungkap Dony.

Zainuddin Koda, imam Masjid Nanga Lanang kepada media ini menyampaikan ucapan terima kasih, kepada umat Katolik di Kabupaten tersebut yang telah membantu merenovasi masjid bagi umat Islam di Nangalanang.

“Kepada umat Katolik, para donatur dan semua pihak yang telah membantu menyelesaikan renovasi rumah ibadah kami ini,” kata Zainuddin.

Untuk diketahui, sebelumnya masjid yang berada di kampung Nangalanang, desa Bea Ngencung, kecamatan Ranamese kabupaten Manggarai Timur ini sebelumnya hampir tak dapat digunakan lagi karena ancaman abrasi dan banyaknya bagian bangunan yang sudah koyak.

Dibawah koordinasi LSM ILMU dan masyarakat setempat, kini masjid itu sudah bisa digunakan kembali oleh umat muslim di Dusun Nangalanang.

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 805 kali

Baca Lainnya
x