News

Rabu, 25 Desember 2019 - 17:00 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Giat penanaman mangrove di kawasan kampung Korora, Pulau Rinca (Foto: TeamYPF/Jivansi Helmut)

Giat penanaman mangrove di kawasan kampung Korora, Pulau Rinca (Foto: TeamYPF/Jivansi Helmut)

Ini Sosok Dibalik Suksesnya Penanaman 5000 Mangrove di Kampung Kerora

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – Tak banyak yang mengetahui perihal suksesnya penanaman 5000 anakan mangrove di kampung Kerora, desa Pasir Panjang, kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat.

Ya.. meski awalnya, acara tersebut dianggap sebagai langkah politiknya maraih simpati masyarakat di kabupaten Manggarai Barat, mengingat ia adalah salah satu kandidat Bupati di kabupaten Manggarai Barat, namun pria kelahiran 1981 silam itu tidak peduli.

“Saya tak urusan sama Pilbup, masyarakat Kerora mau pilih atau tidak itu bukan urusan saya, toh saya tak hadir, karena Umroh,” kata Muhammad Achyar, Donatur yang menyukseskan penanaman 5000 anakan Mangrove di kampung Kerora.

Suksesnya penanaman 5000 anakan Mangrove di Pulau Rinca itu tak terlepas dari berkat campur tangan seorang pemuda yang peduli dengan kampung yang hanya memiliki 260an penduduk itu.

Kepeduliannya pada Dusun Kerora membuatnya rela menggelontorkan dana Pribadinya melalui yayasan Permata Flores (YPF) untuk membeli bibit Mangrove bagi Masyarakat di Kampung Kerora.

“Kerora harus kita selamatkan,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (25/12/2019).

Menurutnya, dusun Kerora sudah lama terus terancam abrasi.

Muhammad Achyar (Ist)

“Data yang diperoleh, dusun Kerora sudah mengalami abrasi sepanjang hampir 30 meter sejak tahun 1986, dan jika ini dibiarkan, anak cucu kita tak akan bisa menikmati indahnya pulau Rinca dan kampung Kerora seperti yang kita lihat sekarang,” kata Advokat muda itu.

Ketua DPC APBMI Manggarai Raya ini berharap agar setiap orang bisa menaruh kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitar.

“Kalau bukan kita, siapa lagi,” imbuhnya.

Tak cuma untuk kampung Kerora, pada akhir bulan Desember tahun 2019 ini, Muhammad Achyar juga akan menyalurkan bantuan bagi anak – anak yang menghuni panti St. Damian Binongko.

Ia akan menyalurkan bantuan dengan total nilai sebesar Rp 10 juta Rupiah untuk anak – anak penghuni panti St. Damian Binongko.

“Secara teknis semuanya akan diatur oleh Yayasan Permata Flores, karena saya sendiri kemungkinan tak hadir, nanti kita Vidio call saja sama anak – anak sekaligus menyampaikan salam damai dan kasih Natal” kata Muhammad Achyar.

Untuk diketahui, Muhammad Achyar menjadi salah satu orang peduli dengan kehidupan sosial masyarakat di Kabupaten Mangggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat.

Selain mendonasikan bantuan, beberapa bantuan untuk pendirian gereja dan Masjid di sejumlah wilayah di kabupaten Manggarai sudah sering ia lakukan.

Laporan : Jivansi Helmut

Artikel ini telah dibaca 545 kali

Baca Lainnya
x