News

Selasa, 17 Maret 2020 - 16:50 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Heri Mandela (Ist)

Heri Mandela (Ist)

Jelang Tahbisan Uskup Ruteng, PMKRI: Umat Harus Merasakan Kehadiran Gereja

Floreseditorial.com, Ruteng – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) cabang St.Agustinus Ruteng menyampaikan harapannya kepada Uskup Siprianus Hormat yang akan ditabis pada 19 Maret mendatang.

Harapan itu disampaikan oleh ketua PMKRI Ruteng, Heri Mandela.

Menurutnya, harapan dari setiap elemen masyarakat kepada uskup yang baru tentu ada. Maka demikian pun PMKRI sebagai bagian dari elemen masyarakat.

“Semua elemen masyarakat menaruh harapan baru kepada Uskup Sipri Hormat yang segera ditabis. Sama, PMKRI juga demikian”, ungkap Mandela.

Selaku ketua PMKRI Ruteng ia mengatakan bahwa PMKRI Ruteng sebagai organisasi katolik yang menjadikan Yesus sebagai teladan gerakan, kemudian menjadikan nilai-nilai kekatolikan sebagai roh dalam setiap perjuangan dalam mengahadapi semua persoalan sosial, berharap, semoga dengan hadirnya Uskup yang baru maka dapat mempertajam peran pelayanan, dalam konteks keterlibatan gereja pada persoalan-persoalan sosial yang ada di tengah masyarakat Manggarai Raya.

“Kami PMKRI Ruteng sebagai organisasi katolik berharap agar melalui Uskup yang baru, maka peran pelayanan gereja akan lebih tajam dan lebih nyata lagi dalam konteks keterlibatan pada setiap persoalan sosial yang dialami masyarakat Manggarai Raya. Kami adalah organisasi katolik yang menjadikan Yesus sebagai teladan gerakan serta menjadikan nilai-nilai kekatolikan sebagai roh dalam setiap perjuangan menghadapi persoalan-persoalan sosial yang ada di tengah masyarakat”, tandas Mandela.

Mandela mengatakan, sebagai organisasi yang berjuang dengan terlibat dan berpihak kepada kaum tertindas, sebagai organisasi yang memperjuangkan tegaknya keadilan dan kebenaran di tengah masyarakat, PMKRI Ruteng sangat mendukung manakala gereja berperan terlibat secara langsung terhadap persoalan-persoalan sosial di tengah masyarakat.

Menurutnya ini merupakan harapan besar dan paling utama dari PMKRI Ruteng kepada Uskup baru nanti, yakni yang mulia Uskup Sipri Hormat. Agar kemudian masyarakat merasa gereja hadir secara nyata di tengah-tengah kehidupan mereka.

“Mestinya semua orang harus peka dan peduli terhadap persoalan sosial. Bukan hanya PMKRI, juga bukan hanya gereja. PMKRI perjuangannya terlibat secara langsung dan selalu berpihak pada kaum tertindas. Prinsipnya, PMKRI mendorong penegakan keadilan dan kebenaran di tengah masyarakat. Makanya kami turut mendorong, mendukung, dan berharap supaya gereja juga demikian. Ini harapan besar kami PMKRI Ruteng. Biarkan umat merasakan kehadiran gereja. Dan tentu itu lebih baik”, ungkap Mandela.

Laporan: Adrian Juru

Artikel ini telah dibaca 2439 kali

Baca Lainnya
x