News

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:06 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Sophia (Ist)

Sophia (Ist)

Manggarai Raya Tak Masuk Daftar Pemasok Bahan Baku SOPHIA NTT

Floreseditorial.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur telah bekerja sama dengan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang untuk melakukan uji laboratorium terkait standarisasi minuman lokal sophia di NTT, Rabu (18/6) di Laboratorium Riset Terpadu Biosain. Berdasarkan hasil uji lab tersebut, sophia NTT akhirnya resmi dijadikan munuman keras lokal yang diberi nama Sophia (Sopi Asli) NTT.

Berdasarkan data yang dihimpun floresedotorial.com, peluncuran Sophia ditandai dengan minum bersama yang didahului dengan tos.

Adapun daerah yang menjadi sumber pemasok bahan baku Sopia adalah Insana di Kabupaten TTU, Aimere di kabupaten Ngada, Adonara di Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Sikka dan Pulau Alor.

Dari beberpa wilayah di tersebut, Manggarai tak masuk dalam kategori Sumber atau pemasok bahan pokok untuk pembuatan Sopia NTT.

Viktor Laiskodat, Gubernur NTT mengungkapkan tujuan kehadiran Sophia NTT ini utamanua untuk memberdayakan minuman lokal. Sehingga, dengan prodak tersebut sedikit-demi sedikit perubahan ekonomi masyarakat lebih ditingkatkan.

Loading...

“Sophia NTT hadir berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh UNDANA. Setelah melakukan riset tersebut, mereka beroptimis minumal lokal Sophia NTT ini akan bersaing dengan minuman khas dari daerah lain di Indonesia,” terang Laiskodat

Sementara itu, Rektor Undana Kupang, Frederik L. Benu mengungkapkan bahwa peluncuran sophia merupakan komitmen rektor undana yang telah melakukan MoU dengan menteri pendidikan untuk berpartisipasi dalam menghasilkan inovasi baru berupa produk lokal pemprov NTT.

“Rencananya ada tiga jenis Sophia yang akan dihasilkan, tetapi saat ini baru dua. kelahiran minuman Sophia ini merupakan momen bersejarah bagi NTT dan Undana”, papar Frederik.

Rektor Undana tersebut menambahkan terkait pemasaran Sophia bukan wewenang Undana tetapi tugas distributor swasta yang ditunjukan kepada PT. Nam Nasional berdasarkan MoU. Undana hanya bertugas menghasilkan produk berkualitas demi pembangunan di NTT.

Diinformasikan bahwa kadar alkohol yang terkandung dalam Sophia mencapai 35-40%. Sophia pun memerlukan waktu yang cukup lama sebelum menjadi minuman berstandar nasional.

Laporan: Hardy Sungkang

Artikel ini telah dibaca 555 kali

Baca Lainnya