News

Sabtu, 13 April 2019 - 17:57 WIB

2 bulan yang lalu

logo

(Foto: Engkos Pahing)

(Foto: Engkos Pahing)

PPK Kecamatan Cibal Menggelar Bimtek KPPS Sekecamatan Cibal

Floreseditorial.com, Ruteng-Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cibal, Kabupaten Manggarai-NTT menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk anggota Kelompok penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Sabtu (13/4/2019).

Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh tim PPK Kecamatan cibal, Kab. Manggarai-NTT dihadiri oleh Anggota KPPS dari 17 desa sekecamatan Cibal.

Kegiatan Bimbingan Teknis ini berlangsung di Aula Fransiskus Paroki Pagal. Jumlah peserta yang hadir 192 orang yang terdiri dari anggota KPPS, Tim Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Tim PPK Kecamatan Cibal.

Plasidus F. Daparto, selaku ketua PPK dalam sambutan pembukanya memgungkapkan bahwa kegiatan Bimtek ini diselenggarakan untuk anggota KPPS dari 17 Desa yang ada di Kecamatan Cibal. Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan instruksi dan jadwal dari KPU Kab. Manggarai-NTT.

Loading...

Plasidus melanjutkan bahwa kegiatan Bimtek hari ini merupakan Bimbingan awal untuk memperkuat pemahaman seluruh anggota KPPS terkait hal teknis yang akan dikerjakan dalam proses pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Sementara itu, Defisi Hubungan Antara lembaga, pengembangan SDM dan data informasi, Rikardus Barat mengatakan, sangat mengharapkan keaktifan dari peserta Bimtek untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya guna menyukseskan pemilihan umum serentak pada tanggal 17 April mendatang.

Pada akhir sambutannya, ia mengucapkan selamat bergabung untuk para anggota KPPS bersama tim PPK dan PPS dalam menyelenggarakan pemilu 2019.

Saat bersamaan, salah satu ketua PPS yang tidak ingin dimediakan namanya ketika diwawancarai mengatakan, bahwa para peserta akan diberikan materi teknis seperti cara pemungutan dan perhitungan suara. Lalu, bagaiman cara menentukan suara sah dan suara tidak sah, teknik mengisi formulir model C, C1-C7 dan penguatan kelembagaan KPPS. Oleh karena itu, “Saya sangat mengharapkan agar peserta Bimtek serius dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan, sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik saat pemilihan berlansung” pungkasnya kepada media ini.

Berdasarkan pantauan media ini, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Salah satu peserta bimtek, Silfester ketika diwawancarai mengatakan bahwa, sangat senang dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini karena sebagai bekal untuk menjalankan tugas yang sudah diemban demi menyukseskan pemilihan serentak.

“Kegiatan Bimtek ini dapat membantu anggota KPPS menjelang pemilu serentak, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak boleh terjadi saat pemilhan berlansung”, tutur Silfester saat usai kegiatan Bimtek.

Reporter : Engkos Pahing
Editor: Hardy Sungkang

Artikel ini telah dibaca 16754 kali

Baca Lainnya