• Rabu, 29 Juni 2022

Bekas Kubangan Kerbau, Sumber Air Warga Lamba Leda Selatan

- Sabtu, 10 April 2021 | 02:50 WIB

Bekas kubangan kerbau di Persawahan Lingko Leok, Kampung Mbelar, Kelurahan Bangka Leleng, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Matim, menjadi sumber air bagi warga setempat. (Foto: Pankra Yoris)

Manggarai Timur, Floreseditorial.com - Bagi semua orang, mendapatkan air bersih dari sumber mata air merupakan keharusan, untuk memperoleh kesehatan yang prima. Kesehatan secara fisik, merupakan sebuah tuntutan hidup.


Berbeda dengan yang dialami masyarakat Kampung Mbelar, Kelurahan Bangka Leleng, Kecamatan Lamba leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT), yang senantiasa bersyukur saat musim hujan tiba. 


"Jika musim hujan tiba, kami selalu bersyukur. Kami akan memperoleh air bersih untuk minum, memasak, mandi, hingga untuk kebutuhan yang lain," ungkap salah satu warga, Agustinus Asman, kepada media ini, Jumat (9/4/2021).


Namun, hal itu hanya berlaku saat musim hujan tiba. Karena saat musim kemarau, warga Kampung Mbelar harus mengais air di persawahan sekitar kampung, untuk kebutuhan sehari-hari. 


"Bahkan tempat bekas yang biasa digunakan untuk mandi kerbau-pun, kami harus gunakan untuk minum," kata Asman.

Halaman:

Editor: Admin Flores Editorial

Terkini

Petinju Asal NTT Menang di Arab Saudi

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:05 WIB

Puluhan Remaja Afrika Selatan Tewas di Klub Malam

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:10 WIB

Apa Saja yang Dibahas dalam KTT G7 di Jerman?

Senin, 27 Juni 2022 | 13:15 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Tiba di Jerman

Senin, 27 Juni 2022 | 12:03 WIB
X