Krisis Air Minum Dalam Kota Borong

- Senin, 14 November 2016 | 02:09 WIB
Pria Yang Melompat di Jurang Wae Garit Ditemukan
Pria Yang Melompat di Jurang Wae Garit Ditemukan

Borong, FE. Sebagian Masyarakat Dalam Kota Borong masih menggunakan air sumur untuk kebutuhan sehari hari seperti  air minum, mandi dan hal ini disebabkan   karena pihak BLUD SPAM belum memasang sambungan air kerumah warga

salah satu warga Ipu kelurahan Kota Ndora yang ditemui di kediamannya Kamis (13/11) Rafael Sobak  mengatakan bahwa selama ini sebagian warga masih menggunakan sumur bor, karena air dari pemerintah dalam hal ini BLUD SPAM belum sambung sampai ke rumah warga. Untuk kelurahan Kota Ndora sendiri warga masih menimbah air di Kali Wae Bobo. Warga yang menimbah air di kali Wae Bobo, biasnya mengangkut air menggunakan sepeda sepeda motor, ada juga yang mengangkutnya dengan cara dipikul dan dijinjing, seperti yang dilakukan sejumlah anak-anak.

Selain itu Rafael Sobak  juga mengatakan  pada musim kering Kondisi debit air sangat turun, warga selalu menunggu hingga berjam supaya timbah air dengan aman dan air sedikit bersih. Dia juga mengaku kalau air dari pemerintah sering macet sehingga air sumur tetap menjadi andalan warga. Dia mengaku, pada musim kering sebagian warga yang telah memiliki sumur juga terpaksa melakukan pengeboran lagi untuk mendapatkan air. Upah buruh untuk memperdalam sumur antara 6Rp 2-3 juta, warga yang mampu membeli air mobil dari mobil pic up dengan harga mencapai 60.000 dan air biasanya digunakan hanya untuk satu minggu.

Senada juga disampaikan Madia warga Kampung Ende kelurahan Kota Ndora mengaku sebentar lagi Manggarai Timur masuk ulang Tahun Ke-9 namun pendistribusian air di Kota Borong belum merata termasuk dikelurahan Kota Ndora, sebagian warga masih mengandalkan sumur untuk kebutuhan setiap hari.

Dia juga mengaku pihak BLUD SPAM sudah memasang dibeberapa titik untuk pelayanan masyarakat namun sampai sekarang  ini sangat tidak maksimal karena air hanya keluar satu dalam seminggu, itu juga kalau air keluar, setiap waktu pasang pipa terus, tetapi air tidak mengalir.  Warga juga selalu mengandalkan air kali kalau cuci pakian.Dia mengungkapan pemerintah diminta serius menangangi seluruh persoalan air minum di  dalam Kota Borong // Kontributor : AK.FE-01

 

Editor: Admin Flores Editorial

Tags

Terkini

4 Rumah Warga Borong Hangus Terbakar

Kamis, 24 November 2022 | 17:03 WIB

Ini Jadwal Kapal Seputar NTT Kamis 24 November 2022

Rabu, 23 November 2022 | 19:58 WIB

Ki Joko Bodo Meninggal Dunia

Selasa, 22 November 2022 | 11:35 WIB
X