Bupati Manggarai Timur: Validasi Data Penduduk Miskin Ditentukan Desa, Bukan Bupati

- Selasa, 2 November 2021 | 13:04 WIB
AGAS 2
AGAS 2

Borong, Floreseditorial.com - Bupati Manggarai Timur (Matim) Agas Andreas, didampingi Wakil Bupati Matim Jaghur Stefanus menghadiri rapat tim konsolidasi data kemiskinan ekstrem wilayah prioritas tahun 2021 di Kabupaten Matim yang berlangsung di ruang rapat lantai dua kantor Bupati Matim, Selasa (2/11/2021).

Rapat yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Matim tersebut adalah tindak lanjut dari rapat koordinasi yang sudah dilaksanakan dengan Kementerian Dalam Negeri (Depdagri), Wakil Presiden (Wapres RI) dan Gubernur NTT terkait  kemiskinan ekstrem.

Bupati Matim Agas Andreas, pada kesempatan itu menyampaikan, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ada lima Kabupaten yang dikategorikan miskin ekstrem.

“Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten TTS, Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Manggarai Timur,” kata Bupati Matim.

Kemiskinan ekstrem, kata dia, merata untuk seluruh kecamatan dan desa. Indikator dari kemiskinan ekstrem adalah, pendapatan masyarakat, rumah layak huni, air minum bersih, sanitasi berbasis lingkungan, akses listrik dan tingkat pendidikan kepala rumah tangga.

Bupati Agas menjelaskan, saat ini akses listrik masuk desa di Kabupaten Matim sudah mencapai 74 persen.

“Walaupun belum merata, untuk semua rumah tangga di desa-desa namun di tahun 2022  jaringan listrik akan terpenuhi dengan baik,” tandasnya.

Dia mengungkapkan, catatan penting terkait  kemiskinan ekstrem di Kabupaten Manggarai Timur yang harus dibenahi adalah tingkatkan validasi data masyarakat.

“Validasi data, tidak ditentukan oleh Bupati dan Camat. Namun yang menentukan validasi data adalah desa karena masyarakatnya ada di desa,” katanya.

Halaman:

Editor: Admin Flores Editorial

Tags

Terkini

Sekjen Partai Berkarya Tepis Kisruh Internal

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:47 WIB

Waspada!! Ada Gereja Sesat di Manggarai

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:43 WIB

Polisi Awasi Kawasan Monas Antisipasi Balapan Liar

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:09 WIB

Lemkapi Harapkan Polri Segera Berantas Judi Daring

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:40 WIB
X