• Jumat, 1 Juli 2022

Muslihat Bantuan Sapi di Negeri Sante Kaut

- Selasa, 14 Desember 2021 | 08:22 WIB
PicsArt_12-14-04.18.19
PicsArt_12-14-04.18.19

Borong, Floreseditorial.com - Bukan Manggarai timur (Matim) namanya, jika sorotan terhadap masalah demi masalah tak bermunculan ke permukaan.

Dalam beberapa pekan terkahir, warga ‘Negeri Sante Kaut’ itu terus disuguhkan dengan informasi dari buruknya infrastruktur, tak jelasnya dana pengadaan lampu jalan, dugaan korupsi proyek terminal Kembur, hingga yang terkini adalah polemik proyek pengadaan ternak bantuan sapi yang juga menelan anggaran miliaran rupiah.

Tak tanggung - tanggung, mark up harga pembelian sapi secara besar-besaran disinyalir dilakukan oleh para aktor di Dinas Peternakan kabupaten Matim yang diduga telah bersekongkol dengan pihak penyalur.

Data yang dihimpun media ini, proyek pengadaan ternak Sapi ini merupakan proyek tahun anggaran 2021. Dalam proyek ini, daerah melalui Dinas Peternakan, Kabupaten Manggarai Timur, telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1.744.900.000. Kabarnya, sapi - sapi tersebut didatangkan dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Kabupaten Ngada

Berdasarkan data yang berhasil dikantongi floreseditorial.com, diketahui ada 77 kelompok sasaran penerima bantuan tersebut di Kabupaten Matim diantaranya, 12 kelompok ternak sapi, 2 kelompok ternak kerbau dan 63 Kelompok ternak kambing.

Bagi kelompok peternak sapi, masing-masing kelompok akan menerima bantuan 7 ekor sapi produktif. Jika mengacu pada data Rancangan Anggaran Biaya (RAB), harga satu ekor sapi produktif dibandrol seharga Rp. 8.000.000.

Namun, hasil penelusuran media ini di lapangan, bantuan sapi tersebut banyak yang tidak sesuai spesifikasi. Diduga terjadi mark up harga sapi yang disalurkan kepada setiap kelompok sasaran penerima.

Modus yang digunakan adalah membeli sapi yang ukurannya lebih kecil dari standar harga yang telah ditentukan.

Beberapa anggota kelompok bahkan mengaku cuma menerima bantuan sapi dengan ukuran kecil dan harganya pun tak sesuai yang telah ditetapkan.

Halaman:

Editor: Admin Flores Editorial

Tags

Terkini

Kapolda Lampung Aktifkan Kembali Tekab 308

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:27 WIB
X