Dana Sebesar Rp 48,7 M Ditetapkan DPR Untuk Perbaikan Gorden

- Selasa, 29 Maret 2022 | 14:48 WIB
Pemerhati Komunikasi Unpas menyebutkan pengadaan anggan gorden untuk rumah jabatan anggot DPR yang mencapai puluhan miliar rupiah mencerminkan anggota parlemen yang jauh dari rakyat. (Net)
Pemerhati Komunikasi Unpas menyebutkan pengadaan anggan gorden untuk rumah jabatan anggot DPR yang mencapai puluhan miliar rupiah mencerminkan anggota parlemen yang jauh dari rakyat. (Net)

Floreseditorial.com - Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang menetapkan alokasi anggaran sebesar Rp 48,7 miliar untuk program penggantian gorden di 505 unit rumah dinas jabatan anggota DPR terus menuai kritik.

Pengamat politik sekaligus sosiolog dari Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun menyayangkan keputusan DPR yang menganggarkan Rp 48,7 miliar untuk setiap rumah dinas jabatan anggota.

"Apakah gara-gara gorden yang tidak diganti lalu anggota DPR tidak bisa tidur?" kata Ubedilah.

Menurut Ubedilah pembelian gorden untuk rumah jabatan anggota DPR itu sangat tidak perlu dan tidak mendesak. Dia mengatakan, tanpa diganti pun sebenarnya tidak ada masalah berarti dari penggunaan gorden lama itu.


"DPR ini benar- benar kehilangan empatinya pada rakyat banyak. Uang Rp 48,7 miliar yang digunakan untuk membeli gorden rumah jabatan anggota DPR itu lebih baik digunakan untuk bantu rakyat kecil yang sedang susah hidupnya," ujar Ubedilah.


DPR memberikan penjelasan tentang anggaran miliaran rupiah untuk aspal dan gorden

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengatakan, anggaran Rp 48,7 miliar itu disiapkan untuk mengganti gorden di 505 unit rumah jabatan anggota Dewan, setiap rumah akan mendapatkan satu set gorden senilai Rp 90 juta jika dihitung dengan pajak.

"Anggaran ini hanya bisa dialokasikan untuk 505 unit rumah, hanya untuk 505 unit rumah, itu per rumahnya rata-rata sekitar Rp 80 juta sekian, dengan pajak Rp 90 jutaan per rumah," kata Indra dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Indra menjelaskan, setiap rumah akan mendapat 11 macam gorden yang akan dipasang di jendela ruang tamu, pintu jendela ruang keluarga, jendela ruang kerja, ruang tidur utama, jendela dapur, dan jendela void tangga di lantai satu.

Halaman:

Editor: FEC Media

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Metro Tolak Penangguhan Penahanan Roy Suryo

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:29 WIB

NTT Berpotensi Jadi Arab Saudi Kedua, Ada Apa?

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:19 WIB
X