Fenomena Pergerakan Tanah Meretakan Puluhan Rumah di Manggarai Barat

- Selasa, 29 Maret 2022 | 14:50 WIB
Salah satu rumah yang terdampak fenomena pergerakan tanah (antara)
Salah satu rumah yang terdampak fenomena pergerakan tanah (antara)

Fenomena Pergerakan Tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Fenomena ini baru-baru terjadi di beberapa desa di Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Manggarai Barat.

Sebanyak 411 jiwa warga yang tinggal di dua kampung di Desa Persiapan Benteng Tado, Kecamatan Sano Nggoang, Manggarai Barat, NTT terancam fenomena pergerakan tanah yang terjadi pada Februari 2022 lalu.

Kepala Dusun Benteng Tado Mikael Agung menyebut pergerakan tanah terjadi pada dua kampung, yakni Kampung Wae Munting dengan 225 jiwa dan 62 KK serta Kampung Dange dengan 186 jiwa dan 52 KK.

"Ada tiga kampung, tapi tidak ada laporan dampak fenomena pergerakan tanah dari satu kampung lain yakni Mengkaleng. Kalau Dange ada 186 jiwa dan Wae Munting 225 jiwa," kata dia di Kampung Wae Munting, Desa Persiapan Benteng Tado, Kecamatan Sano Nggoang, Senin.

Tokoh masyarakat Kampung Wae Munting Viktor Bitrudis pun membenarkan hal itu. Menurut dia bukan 11 rumah saja yang terdampak dalam kejadian itu, melainkan seluruh masyarakat Kampung Wae Munting yang berjumlah 225 jiwa pun terancam.

Kondisi keretakan pada fondasi rumah Mateus Demin warga terdampak pergerakan tanah di Kampung Wae Munting, Kecamatan Sano Nggoang, Manggarai Barat, NTT, Minggu (27/3/2022).

Fenomena tanah bergerak yang terjadi pada dua kampung itu, khususnya Kampung Wae Munting telah berlangsung sejak 2018 lalu. Atas kondisi bencana yang berulang ini, Viktor berharap ada riset yang dilakukan oleh para ahli tanah untuk menjelaskan situasi itu.

"Warga ingin mengetahui gambaran keadaan yang diberikan oleh ahli tanah karena mereka telah melalui tiga tahun kehidupan dengan resah ketika hujan dan gempa terjadi," katanya.

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB Diyakini Segera Matangkan Capres-Cawapres

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:19 WIB
X