Terkait Pasokan dan Harga Pangan Menjelang Ramadhan, Begini Kata Puan Maharani

- Selasa, 29 Maret 2022 | 17:53 WIB
Puan Maharani (Humas DPR)
Puan Maharani (Humas DPR)

Puan Maharani selaku Ketua DPR RI menekankan bahwa harga pangan yang sudah banyak mengalami peningkatan jelang bulan Ramadhan dan Lebaran dinilai penting untuk distabilkan.

Selain itu, demi tidak terjadinya lonjakan harga, anak perempuan dari Megawati Soekarnoputri itu pun mengingatkan para pemangku kebijakan untuk selalu menyediakan stok pangan tersebut di pasar.

“Kita ketahui kenaikan harga pangan sudah terjadi sejak beberapa waktu terakhir. Pemerintah harus bisa menstabilkan harga-harga pangan sebelum bulan Ramadhan,” ujar Puan, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Dalam Mengutamakan Kesetaraan Gender, Puan Maharani: IPU Harus Berada di Garis Terdepan

Kedelai, daging sapi, gula, dan tepung terigu merupakan beberapa contoh bahan pangan yang mengalami kenaikan harga.
Selain itu persoalan harga minyak goreng yang hingga saat ini belum Juga terealisasi menjadi sorotan Puan Maharani.

“Meski saat ini stok minyak goreng tidak lagi langka, tapi persoalan harga yang tinggi masih membebani masyarakat. Kami harap pemerintah lebih konsisten menerapkan kebijakan agar tidak menimbulkan ketidakpastian pasar,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini.

Terlepas dari kenaikan harga bahan pangan tersebut, betapa Puan memahami bahwa hal tersebut terjadi karena faktor global. Beberapa bahan pangan yang kita produksi faktanya masih membutuhkan bahan baku impor.

“Tapi penting juga agar ada antisipasi dari stakeholder terkait sehingga harga pangan tidak kian naik saat memasuki Ramadhan dan Lebaran,” sebut Puan.

Mantan Menko PMK ini mengingatkan Pemerintah untuk memastikan stok barang kebutuhan pokok, khususnya komoditas-komoditas pangan strategis, tersedia di pasaran. Dengan pasokan yang cukup, kata Puan, keamanan harga pun akan lebih terjamin.

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Metro Tolak Penangguhan Penahanan Roy Suryo

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:29 WIB

NTT Berpotensi Jadi Arab Saudi Kedua, Ada Apa?

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:19 WIB

Sekjen Partai Berkarya Tepis Kisruh Internal

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:47 WIB
X