DPP Tunjuk Emil Dardak Jadi Ketua Demokrat Jatim; Ini Alasannya

- Sabtu, 2 April 2022 | 06:55 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).(dok/Instagram.com/@agusyudhoyono)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).(dok/Instagram.com/@agusyudhoyono)

Floreseditorial.com- DPP Partai Demokrat menunjuk Emil Elestianto Dardak sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Sesuatu berubah dalam waktu yang singkat, saat Musda Demokrat Jatim pada 20 Januari 2022 lalu, suara dukungan DPC kepada Emil masih kalah dibanding calon lainnya yakni Bayu Airlangga.

Menurut Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat Herman Khaeron alasan DPP menunjuk Emil Dardak adalah terkait loyalitas kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Emil menunjukan loyalitasnya kepada Ketua Umum AHY dan Partai Demokrat, serta lolos uji kelayakan dan kepatutan sangat baik," kata Herman kepada, Jumat (1/4/2022).

Herman mengatakan meski Emil Dardak kalah dalam dukungan DPC di Musda, namun proses pemilihan Ketua dalam Musda tetap harus melewati fit and proper test sesuai AD/ART partai.


"Proses penentuan dan penetapan Ketua DPD sudah diatur secara jelas di AD/ART, PO O2/2022, dan Juklak (petunjuk pelaksanaan) juga Juknis (petunjuk teknis)," imbuhnya.

Dilansir dari Detik.com. saat ditanya soal potensi pendukung DPC kubu Bayu Airlangga yang tidak terima atas penunjukan DPP tersebut, Herman yakin tidak akan ada gejolak.

"Sebagai kader, pasti sudah memahaminya dan saya meyakini keputusan ini tidak menimbulkan gejolak," tandasnya.

Diketahui, saat Musda VI DPD Partai Demokrat Jatim yang digelar di Surabaya pada 20 Januari 2022 lalu, Emil Elestianto Dardak meraih 13 dukungan DPC ditambah satu dukungan DPD. Sedangkan Bayu Airlangga meraih suara dukungan lebih banyak, yakni 25 DPC. Suara DPP sendiri abstain.

Emil sendiri sebelumnya sudah menjabat sebagai Plt Ketua Demokrat Jatim sejak September 2020 lalu menggantikan Renville Antonio yang ditunjuk DPP Demokrat sebagai Bendahara Umum.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4.642 Personel Gabungan Amankan Sidang Tahunan 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 | 08:52 WIB
X