Dinas PPO Matim Gelar Zoom Meeting Sosialisasi Persiapan ANBK 2022 dan ARKAS

- Senin, 4 April 2022 | 12:02 WIB
Dinas PPO Matim Gelar Zoom Meeting Sosialisasi Persiapan ANBK 2022 dan  ARKAS (Foto: FEC Media)
Dinas PPO Matim Gelar Zoom Meeting Sosialisasi Persiapan ANBK 2022 dan ARKAS (Foto: FEC Media)

Borong, Floreseditorial.com - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten Manggarai Timur (Matim) melaksanakan sosialisasi persiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) bagi jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP),  Senin (04/03/2022). 

Sosialisasi yang dilakukan secara virtual ini dilaksanakan sejak pukul 08.30 WITA dengan melibatkan kurang lebih 330 kepala SD dan 140 Kepala SMP swasta maupun negeri dengan didampingi bendahara dan Operator dari masing-masing sekolah dan dibuka oleh kepada Dinas PPO kabupaten Matim, Basilius Teto.

Diwawancarai disela - sela kegiatan, Kepala Dinas PPO Matim melalui kepala bidang SMP Winsensius Tala menjelaskan
kegiatan tersebut guna mendukung pelaksanaan ANBK yang tahapan akan dimulai pada April mendatang.

Winsensius Tala mengatakan, ANBK merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, guna menilai mutu satuan pendidikan berdasar hasil belajar peserta didik dari literasi, numerasi, dan karakter. Serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Menurutnya, asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar mengajar pada satuan pendidikan yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Sementara itu, kepala Bidang SD Bruno Ismail mengatakan, sosialisasi ANBK guna mendukung pelaksanaan ANBK.

“Harapan kita semua sekolah bisa melaksanakan ANBK dengan baik pada tahun ini. Tentunya juga dengan penguasaan teknologi dan informasi,” ujarnya.

Tak hanya sosialisasi ANBK, dalam kesempatan tersebut, Dinas PPO Matim juga melaksanakan sosialisasi ARKAS.

Kadis Pendidikan, Basilius Teto menyebutkan, perencanaan dan pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kini dipermudah dengan diluncurkannya Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah atau ARKAS.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4.642 Personel Gabungan Amankan Sidang Tahunan 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 | 08:52 WIB
X