• Jumat, 1 Juli 2022

Menhub Sarankan Masyarakat Mudik Lebih Awal

- Jumat, 15 April 2022 | 23:17 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat memimpin rapat terkait mudik Lebaran 2022 (SMSolo/doh dephub)
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat memimpin rapat terkait mudik Lebaran 2022 (SMSolo/doh dephub)

Floreseditorial.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan agar masyarakat mudik lebih awal antara tanggal 25-27 April. Hal ini untuk mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas, khususnya bagi pemudik yang melintasi jalan tol.

Penyataan tersebut disampaikan Menhub Budi saat meninjau tol Jakarta-Cikampek bersama para stakeholder seperti Kakorlantas Polri, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Jasa Raharja, serta PT Jasa Marga, Jumat (15/4/2022).

"Kalau misalnya pulang ke Semarang tidak 8 jam, nah pulangnya jangan pas tanggal 28 (April), setelah itu. Apalagi menurut informasi cuti bisa diperoleh," ungkap Menhub Budi.

Baca Juga: Pencuri di Garut Tewas Ditembak Polisi

Lebih lanjut, Budi mengatakan sejumlah langkah antisipasi untuk mengantisipasi kemacetan dilakukan oleh pemerintah. Mulai dari diberlakukan one way (satu arah), contraflow, dan ganjil genap di Tol Cikampek.

"Pertama simulasi kita menunjukkan, bahwa dengan adanya one way saja tidak cukup jadi harus dilengkapi dengan dengan ganjil genap. Oleh karenanya, kita akan mulai latihan simulasi dari tanggal 25 januari jadi pas puncak itu mereka sudah lebih clear,” tuturnya.

Menurut Budi, rekayasa lalu lintas dilakukan lantaran antusiasme masyarakat tinggi sekali mengenai mudik lebaran 2022 ini. Bahkan, Menhub memprediksi kenaikan pemudik kemungkinan bisa lebih dari 40 persen.

"Kenaikannya itu bukan proporsional 40 persen dibandingkan 2019, bisa saja 60 persen, sehingga angka-angka itu lebih konservatif dan kalau kita konservatif maka tingkat keamanan mudik berjalan baik," pungkasnya.

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X