• Jumat, 1 Juli 2022

Ini Penjelasan Menhub Terkait Isu Tol Gratis

- Minggu, 24 April 2022 | 21:31 WIB
Ilustrasi mudik lebaran.
Ilustrasi mudik lebaran.

Floreseditorial.com- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tarif di ruas tol akan digratiskan apabila terjadi macet lebih dari satu kilometer saat mudik Lebaran 2022. Namun, terkait mekanismenya nanti akan diatur Korlantas Polri.

"Itu juga ada prosedurnya. Kan kewenangan sebagai ketua kelas itu adalah Kakorlantas. Polisi lah yang menilai apakah itu layak dilakukan," ungkap Menhub Budi saat meninjau Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (24/4/2022).

"Jadi jika itu menimbulkan suatu kemacetan yang panjang lebih dari satu kilometer, kita berikan diskresi dan polisi memberikan diskresi untuk boleh (digratiskan)," sambungnya.

Baca Juga: Bebas Syarat Antigen dan PCR Arus Mudik Laut Melonjak

Budi menegaskan kebijakan tol gratis hanya opsi yang dilakukan jika memang terjadi kemacetan. Namun, stakeholde terkait tetap menanggulangi jangan sampai terjadi kemacetan.

Menurut Budi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di ruas tol. "Dengan menambah orang, by sistem, mengatur jalan dan sebagainya.

"Bahkan memberikan anjuran, menjual kartu-kartu di situ. Jadi ini adalah suatu dampak membuat operator itu lebih aware," imbuhnya.

Sebelumnya, Menhub Budi melaporkan pergerakan mudik Lebaran 2022 kini sudah mulai menunjukan kepadatan. Oleh karenanya, dia meminta pemudik untuk segera pulang ke kampung halamannya, paling telat 27 April 2022.

"Dari hasil simulasi sudah menunjukkan angka VC Ratio (perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan) sudah tinggi, atau mendekati macet. Maka, imbauan untuk melakukan mudik hari ini, besok dan lusa harapannya bisa dilakukan," tukasnya.

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X