• Jumat, 1 Juli 2022

4 Bidang Ini Berpotensi Mengangkat Indonesia Menjadi Superpower Dunia

- Selasa, 26 April 2022 | 07:24 WIB
Bidang yang berpotensi untuk mengangkat Indonesia menjadi superpower dunia
Bidang yang berpotensi untuk mengangkat Indonesia menjadi superpower dunia

Floreseditorial.com - Seorang Haji suku Bugis di Makassar Sulawesi selatan yang juga adalah eksportir rumput laut mengaku kalau omset dari hasil jualannya meningkat. Bahkan pendapatan yang dihasilkannya dari menjual rumput laut bisa menyentuh angka miliyaran rupiah per bulan.

"Omset jualan saya dari hasil ekspor rumput laut terus meningkat dan sekarang sudah di angka 50 Milyar rupiah per Bulan!!" Ujarnya.

Padahal si pak Haji ini mengekspor rumput laut dengan kondisi seadanya.

Rumput laut yang beliau eksporpun cenderung berbentuk curah, dimuat dalam kantong karung plastik bekas dengan kadar air yg masih cukup basah karena dijemur hanya sebentar.

Rumput laut ini kemudian dimuat dalam Container 40 feet sebelum dibawa ke pelabuhan untuk didistribusikan ke mancanegara.

Dalam kondisi standar minimal begini saja rumput laut mentah laku keras dan bahkan pihak buyer di negara negara Asia khusus nya China mengatakan padanya, "Pak Haji kirim berapa Container pun bapak kirim kami akan terima dan langsung bayar," begitu ceritanya.

Di lain tempat di Gresik Jawa Timur seseorang yang asalnya adalah seorang pengumpul ikan sisa pelelangan kecil-kecilan telah tumbuh dalam 30 tahun ini menjadi eksportir Ikan beku dan produk hasil olahan ikan laut lainnya dengan nilai annual sale sebelum Pandemi Covid 19 sebesar 5 Trilyun Rupiah!

Seorang professor pada Departemen Pertanian Universität Hohenheim-Stuttgart Jerman pernah memberi saran kepada para kandidat doktor asal Indonesia yang ingin menulis riset S3 di Universitas yang terkenal untuk bidang tehnik pertanian dan pangannya itu.

Sarannya adalah sebagai berikut :

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X