• Jumat, 1 Juli 2022

Jaringan Telekomunikasi Kurang Memadai, Siswa SD di Pedalaman NTT Ikut USBD di Atas Bukit

- Selasa, 10 Mei 2022 | 14:49 WIB
Jaringan Telekomunikasi Kurang Memadai, Siswa SD di Pedalaman NTT Ikut USBD di Atas Bukit (Gabrin)
Jaringan Telekomunikasi Kurang Memadai, Siswa SD di Pedalaman NTT Ikut USBD di Atas Bukit (Gabrin)

 

Floreseditorial.com - Hingga saat ini, jaringan telekomunikasi masih menjadi kendala bagi beberapa sekolah di Kabupaten Manggarai Timur, NTT dalam melaksanakan ujian sekolah berbasis digital (USBD).

Seperti yang dialami oleh puluhan siswa di SDK Ndawang Kecamatan Elar Selatan yang terpaksa mengikuti ujian online di atas bukit lantaran tidak tersedianya jaringan telekomunikasi di sekolah mereka.

"Kami terpaksa membawa anak-anak untuk mengikuti ujian di atas bukit karena di sekolah jaringan telekomunikasi tidak memadai. Untuk mengikuti ujian secara online, jaringan internetnya harus lancar dan satu-satunya tempat yang menyediakan jaringan internet yang baik hanya di bukit ini," kata Hironaldus Jangu, salah seorang tenaga pendidik di SDK Ndawang, Senin (9/5/2022) siang.

Baca Juga: Diduga Belum Kantongi IMB, Proyek Pembangunan Klinik Rawat Jalan KS Medika Borong Diduga Langgar Ketentuan GSB

Hironaldus menjelaskan, pihak sekolah mendirikan sebuah kemah berukuran 4x6 meter di atas bukit agar siswa-siswa terhindar dari panas matahari dan merasa nyaman saat mengerjakan ujian.

Selain itu, pihak sekolah menyiapkan sebuah aki beserta panel surya untuk mengisi ulang daya pada baterai smartphone maupun laptop yang digunakan siswa saat mengikuti ujian.

"Kita siapkan Aki yang diisi ulang menggunakan tenaga surya (panas matahari). Jika daya baterai pada handphone atau laptop yang digunakan oleh siswa-siswi habis, tinggal diisi ulang menggunakan Aki ini," kata Hironaldus Jangu.

Ujian Sekolah Berbasis Digital (USBD) tingkat SD di Kabupaten Manggarai Timur sendiri berlangsung sejak 9 hingga 13 Mei mendatang.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X