• Kamis, 26 Mei 2022

Demi Mencegah Penyebaran Hepatitis Akut, Pemerintah Diimbau untuk Pantau PTM

- Jumat, 13 Mei 2022 | 19:01 WIB
Demi Mencegah Penyebaran Hepatitis Akut, Pemerintah Diimbau untuk Pantau PTM
Demi Mencegah Penyebaran Hepatitis Akut, Pemerintah Diimbau untuk Pantau PTM

Floreseditorial.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau pemerintah agar memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) guna mencegah penyebaran hepatitis akut di sekolah.

"Pemerintah perlu terus memantau pelaksanaan PTM untuk menjaga peserta didik dari penyebaran hepatitis akut," kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hal senada disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto.

Menurut Agus, penyebaran hepatitis akut memang perlu diwaspadai di lingkungan sekolah selama pelaksanaan PTM.

"Ada dua kekhawatiran dalam pelaksanaan PTM, yaitu berkenaan dengan COVID-19 yang masih berada dalam pantauan usai mudik Lebaran 2022 dan kecemasan mengenai kasus suspek hepatitis akut di masyarakat," ujar dia.

Untuk mencegah terjadinya penyebaran hepatitis akut selama pelaksanaan PTM, Agus mengimbau seluruh pihak agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Pimprim Basarah Yanuarso mengharapkan orang tua terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari keluarganya guna mencegah penyebaran hepatitis akut.

"Selama pandemi COVID-19 ini, kita sudah belajar mengatasi penularan virus tersebut melalui saluran pernapasan lewat mengenakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Untuk mengatasi penyebaran hepatitis akut pada anak, dilanjutkan dengan mencegah penularan dari saluran cerna melalui konsumsi makanan yang matang dan menghindari dari pencemaran,” ujar Pimprim.

Dokter anak yang bernaung dalam IDAI di seluruh Indonesia, katanya, diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dini jika muncul kasus dengan pasien-pasien yang memenuhi kriteria hepatitis akut.

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jerman Longgarkan Aturan Masuk Terkait COVID-19

Kamis, 26 Mei 2022 | 06:00 WIB

Konvoi Pembalap Formula E Di Monas Dibatalkan

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:00 WIB
X