• Kamis, 26 Mei 2022

Beberapa Wilayah di NTT Ini Berpotensi Dilanda Tsunami Setinggi 3 Meter, Warga Diminta Waspada

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:36 WIB
Gempa NTT berpotensi terjadi gelombang Tsunami dengan tinggi gelombang lebih dari 3 meter, Masyarakat diminta Waspada (Unsplash/Todd Turne)
Gempa NTT berpotensi terjadi gelombang Tsunami dengan tinggi gelombang lebih dari 3 meter, Masyarakat diminta Waspada (Unsplash/Todd Turne)

Floreseditorial.com - Koordinator Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan Nusa Tenggara Timur (NTT), berpotensi dilanda gempa kekuatan M 7,4 dan berpotensi tsunami hingga lebih dari 3 meter.

Daryono dalam ruang diskusi inklusif secara daring, Jumat, mengungkapkan dari hasil pemodelan, jika sesar naik Flores aktif dengan kekuatan M 7,4, maka bisa terjadi tsunami hingga 3 meter di Labuan Bajo, Manggarai, Flores, Alor.

Dampak tsunami akan lebih parah lagi, jika ada ikutan longsoran di dasar laut.

Baca Juga: Gempa Bermagnitudo 5,2 Guncang Sulawesi Utara

Sementara di sumber gempa selatan NTT, yakni zona megathrust Sumba, jika berkekuatan M 8,5 maka kawasan Sumba, Labuan Bajo, Manggarai, Sabu, Rote, Kupang bisa terjadi tsunami di atas 3 meter.

Kemudian dari pemetaan di Desa Tiwatobi Larantuka, Flores Timur, tsunami bisa menjangkau hingga 500 meter dari bibir pantai dengan tinggi gelombang 3-6 meter. Waktu tiba diperkirakan selama 3 menit setelah gempa.

“Masyarakat di sekitar sini harus diedukasi dengan evakuasi mandiri. Tidak bisa menunggu warning (peringatan) BMKG, karena warning BMKG keluar setelah 5 menit hasil pemodelan kami di daerah yang kami petakan ini,” kata dia, dikutip Antara, Jumat (13/05/2022).

Baca Juga: Perairan Halmahera Barat Diguncang Gempa Bermagnitudo 5,8

Sehingga masyarakat diimbau jika merasakan gempa kuat saat berada di pantai maka harus segera menjauh.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jerman Longgarkan Aturan Masuk Terkait COVID-19

Kamis, 26 Mei 2022 | 06:00 WIB

Konvoi Pembalap Formula E Di Monas Dibatalkan

Rabu, 25 Mei 2022 | 20:00 WIB
X