• Jumat, 1 Juli 2022

Waspada Tsunami di NTT, Jika Ada Tanda-tanda Ini, Segeralah Mengungsi

- Minggu, 15 Mei 2022 | 19:37 WIB
Waspada Tsunami di NTT, Jika Ada Tanda-tanda Ini, Segeralah Mengungsi (Ilustrasi/Tirto)
Waspada Tsunami di NTT, Jika Ada Tanda-tanda Ini, Segeralah Mengungsi (Ilustrasi/Tirto)

Floreseditorial.com - Bencana tsunami biasanya banyak menelan korban nyawa, sehingga perlu ada peringatan dini untuk masyarakat. Meski teknologi sudah bisa memprediksi beberapa bencana tapi tidak ada salahnya mengenali tanda-tanda sebelum bencana terutama tsunami, agar bisa segera mengamankan diri.

Koordinator Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan Nusa Tenggara Timur (NTT), berpotensi dilanda gempa kekuatan M 7,4 dan berpotensi tsunami hingga lebih dari 3 meter.

Potensi Tsunami di NTT,  adalah serangkaian gelombang yang disebabkan oleh tanah longsor atau gempa bumi besar baik yang terjadi di darat maupun di laut. Gelombang tsunami dapat terjadi 5 menit hingga 1 jam setelah longsor atau gempa bumi.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di NTT Ini Berpotensi Dilanda Tsunami Setinggi 3 Meter, Warga Diminta Waspada

Seperti dilansir Ehow, berikut beberapa tanda-tanda awal datangnya bencana tsunami

1. Diawali adanya gempa bumi

Bila Anda tinggal di dekat pantai, sebaiknya berhati-hati bila terjadi gempa bumi. Tsunami biasanya terjadi karena adanya gempa bumi yang terjadi di bawah atau di dekat laut. Tidak hanya gempa yang terjadi di daerah Anda, tetapi juga di seluruh dunia. Gempa ribuan kilometer jauhnya dapat menyebabkan potensi tsunami yang mematikan di daerah Anda.

2. Dengarkan suara-suara gemuruh

Banyak korban tsunami telah mengatakan bahwa datangnya gelombang tsunami akan diawali dengan suara gemuruh yang keras mirip dengan kereta barang.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X