• Sabtu, 2 Juli 2022

Renungan Bulan Maria, 27 Mei 2022: Maria Figur Teladan Bernegara

- Jumat, 27 Mei 2022 | 00:52 WIB
Renungan Bulan Maria, 27 Mei 2022: Maria Figur Teladan Bernegara
Renungan Bulan Maria, 27 Mei 2022: Maria Figur Teladan Bernegara

Oleh: Rm Beny Jaya


Setelah menerima kabar dari Malaikat Gabriel tentang panggilannya, baik Bunda Maria Maupun Yusuf dihadapkan dengan suatu perintah dari Kaisar Agustus untuk melakukan cacah jiwa.

Injil Lukas mencatat peristiwa ini sebagai berikut: “Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius men jadi wali negri di Siria.

Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri,masing-masing di kotanya sendiri. Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nasareth di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem. Karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud, supaya didaftarkan bersama Maria tunangannya, yang sedang mengandung (Lukas 2,1-7).

Baca Juga: Renungan Bulan Maria, 26 Mei 2022: Maria Cinta Budaya

Teks ini berbicara tentan aktivitas Negara, yang keluar dari perintah Kaiser kepada seluruh rakyat.

Maria bersama Yusuf datang ke tempat pendaftaran, meskipun dalam keadaan mengandung. Mereka menjalanan perjaanan yang jauh dan tiba senja hari.

Dari teks ini, kita dapat inspirasi bahwa Yosef bersama Maria tidak mengecualikan dirinya karena panggilan khusus untuk taat kepada Negara, yaitu kegiatan cacah jiwa.

Sisi lain, Maria dan Yosef harus berkorban untuk menempuh perjalanan jauh demi ketaatan kepada negara.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X