• Sabtu, 2 Juli 2022

Indonesia Akan Tambah 3 Provinsi Baru, Yuk Simak!

- Rabu, 22 Juni 2022 | 21:55 WIB
Indonesia akan memiliki 37 provinsi. Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyetujui rancangan undang-undang (RUU) yang mengatur perihal 3 provinsi baru di Papua. (Acehnomics)
Indonesia akan memiliki 37 provinsi. Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyetujui rancangan undang-undang (RUU) yang mengatur perihal 3 provinsi baru di Papua. (Acehnomics)

Floreseditorial.com - Dalam waktu dekat provinsi Indonesia akan bertambah 3 provinsi baru dan total menjadi 37 provinsi.

Rencana ini juga disetujui dan komisi II DPR sepakat membentuk Panitia Kerja ( Panja) dan pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) pembentukan tiga provinsi di Papua.

Ketiga provinsi tersebut adalah Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Dan ditargetkan rancangan undang-undang ini selesai pada akhir bulan Juni ini.

"RUU ini bisa segera efektif kalau bisa diselesaikan sebelum 30 Juni 2022. Kami sudah susun jadwal pembahasan RUU, dan tanggal 30 Juni 2022 ada Rapat Paripurna sehingga diharapkan pembahasan RUU ini bisa selesai sebelum tanggal 30 Juni," kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia dikutip dari siaran pers, Rabu 22 Juni 2022.

"Kita mulai besok pembicaraan rapat kerja pertama, penjelasan dari pemerintah sekaligus menyerahkan daftar isian masalah," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin 20 Juni 2022.

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyelesaikan dan mengklaim, pemerintah dan DPR sudah membahas pembentukan tiga RUU tersebut secara informal sejak lama.

Baca Juga: Deretan Negara Eropa Krisis Energi, Jerman Salah Satunya

"Kami di komisi II itu langsung mengambil inisiatif waktu itu ketemu dengan Mendagri, sehabis itu kita bentuk tim bersama dengan Kementerian Dalam Negeri, dan internal kami juga sudah membuat draf naskah akademik dan rancangan undang-undang," kata Doli.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe sudah pernah mengusulkan pemekaran papuan menjadi 7 provinsi pada tahun 2022 silam.

Halaman:

Editor: Resti Seli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X