Ini Bahaya Gelombang Rossby Ekuator yang Sedang Melanda NTT saat ini

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 07:33 WIB
Ini jenis gelombang yang melanda NTT (Photo by Emiliano Arano from Pexels)
Ini jenis gelombang yang melanda NTT (Photo by Emiliano Arano from Pexels)

Floreseditorial.com BMKG El Tari Kupang menghimbau agar masyarakat perlu waspada terhadap gelombang Rossby Ekuator yang sedang melanda NTT.

"Terdapat Rossby Ekuator yang meningkatkan pertumbuhan awan konvektif di wilayah NTT sehingga berpotensi menimbulkan hujan," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi ketika dikonfirmasi di Kupang, Jumat 24 Juni 2022.

Kepala BMKG El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi mengungkapkan hal itu berkaitan dengan leringatan dini untuk cuaca wilayah NTT selama tiga hari kedepan ( 24-26 Juni ).

Ia menjelaskan, gelombang Rossby Ekuator merupakan gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat dan terletak di sepanjang Ekuator yang biasanya berlangsung 7-10 hari.

Sejumlah daerah di NTT yang berpotensi terdampak hujan yaitu Kabupaten Alor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada.

Baca Juga: Miris! Kurang Empati, Pria Afghanistan Diduga Stres dan Panjat Jembatan Liliba Malah Jadi Bahan Lelucon Warga

Selain itu Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Barat Daya, Kabupaten Kupang, dan Kota Kupang.

Agung mengatakan potensi hujan sedang hingga deras ini perlu diwaspadai karena dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir.

"Masyarakat di daerah berpotensi terdampak tetap terus meningkatkan kewaspadaan untuk meminimalisir dampak kerugian akibat bencana," katanya.

Agung juga mempersilahkan masyarakat terus memantau perkembangan cuaca untuk memahami kondisi di daerah dengan mengakses layanan informasi yang tersedia selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380) 881613 atau WhatsApp 081139404264.***

Halaman:

Editor: Resti Seli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB Mendaftar Bareng Tunjukkan Kekompakan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:31 WIB

Ferdy Sambo Tersangka Tewasnya Brigadir J

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:11 WIB
X