Dituduh Pukuli Pria Afghanistan, Rudenim Kupang Gelar Konferensi Pers

- Minggu, 26 Juni 2022 | 19:29 WIB
Kepala Rudenim Kupang Heksa Asik Soepriadi beserta jajaran mengadakan Konferensi Pers di Kantor Rudenim Kupang, Sabtu (25/6/2022). (victorynews.id/yapi manuleus)
Kepala Rudenim Kupang Heksa Asik Soepriadi beserta jajaran mengadakan Konferensi Pers di Kantor Rudenim Kupang, Sabtu (25/6/2022). (victorynews.id/yapi manuleus)

Floreseditorial.com - Warga Kota Kupang dibuat gempar dengan pria Afghanistan yang mencoba bunuh diri di Jembatan Liliba pada Jumat, 24 Juni 2022 malam.

Peristiwa itu sontak membuat semua mata tertuju kepada Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang. Pasalnya, dalam video yang beredar di media sosial, menyatakan bahwa pria Afghanistan yang coba bunuh diri itu, dipukul oleh para petugas Rudenim hingga babak belur.

Menyikapi pemberitaan tersebut, Rudenim Kupang pun tidak tinggal diam dan mengambil sikap.

Baca Juga: Miris! Kurang Empati, Pria Afghanistan Diduga Stres dan Panjat Jembatan Liliba Malah Jadi Bahan Lelucon Warga

Melalui Kepala Rudenim Kupang, Heksa Asik Soepriadi, mengatakan pemberitaan tersebut tidak lah benar.

"Rumah Detensi Imigrasi Kupang menjalankan misi Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia yaitu melindungi Hak Asasi Manusia, Penegakan Hukum dan Meningkatkan Upaya Perlindungan, dengan ini kami menegaskan bahwa tidak pernah terjadi kasus pemukulan yang dilakukan petugas kepada pengungsi berinisial HRH," tegas Heksa ketika melaksanakan konferensi pers pada Sabtu, 25 Juni 2022.

Kenyataan yang disampaikan Heksa adalah pria Afghanistan itu terlibat perkelahian dengan beberapa teman pengungsinya pada 22 April 2022. Pria tersebut berada dibawah pengaruh miras sehingga sering memicu perkelahian dan mengganggu tata tertib.

"Rumah Detensi Imigrasi Kupang kemudian mengamankan pengungsi berinisial HRH di Rumah Detensi Imigrasi Kupang untuk menghindari perkelahian berkelanjutan dan mengganggu keamanan dan ketertiban lainnya," ujar Kepala Rudenim Kupang itu.

Berdasarkan penuturan Heksa, satpam di tempat penampuangan pengungsi adalah orang yang melaporkan aksi bunuh diri di Jembatan Liliba yang dilakukan pria Afghanistan itu.***

Editor: Resti Seli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Metro Tolak Penangguhan Penahanan Roy Suryo

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:29 WIB

NTT Berpotensi Jadi Arab Saudi Kedua, Ada Apa?

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:19 WIB

Sekjen Partai Berkarya Tepis Kisruh Internal

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:47 WIB
X