Catat! Jumlah Pengunjung ke Pulau Komodo Dibatasi Mulai Agustus Nanti

- Senin, 27 Juni 2022 | 22:07 WIB
Kajian Pembatasan Kuota Pengunjung Pulau Komodo Demi Kelestarian Satwa Komodo (Humas KLHK)
Kajian Pembatasan Kuota Pengunjung Pulau Komodo Demi Kelestarian Satwa Komodo (Humas KLHK)

Floreseditorial.com - Kebijakan pembatasan jumlah pengunjung di Pulau Komodo resmi dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Senin, 27 Juni 2022.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dahong, mengatakan perlu dilakukan pengaturan jumlah pengunjung di Pulau Komodo.

"Perlu diatur jumlah maksimum yang dapat ditampung agar tidak berdampak pada kelestarian satwa komodo," katanya dilansir dari Antara.

Baca Juga: Selamat dari Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Begini Kesaksian Bayu

Penegasan itu dilakukan setelah Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur NTT, Josef A Nae Soi terkait pembatasan pengunjung ke Pulau Komodo yang berlaku mulai Agustus Nanti.

Menurut Alue Dohong, Komodo sebagai salah satu warisan alam dunia yang memiliki Outstanding Universal Value (OUV) harus dilestarikan baik kelestarian ekosistem maupun kelestarian satwa itu sendiri. Hal ini mengingat meningkatnya jumlah pengunjung di Pulau Komodo.

Ia menegaskan bahwa pembatasan jumlah pengunjung di Pulau Komodo bertujuan untuk menjaga kelestarian populasi biawak komodo.

"Pengaturan pengunjung dengan sistem pembatasan pengunjung atau kuota pengunjung ini tentunya dimaksudkan untuk meminimalisir dampak negatif kegiatan wisata alam terhadap kelestarian populasi biawak Komodo dan satwa liar lainnya, mempertahankan kelestarian ekosistem di Pulau Komodo dan Pulau Padar pada khususnya, serta untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung serta petugas selama beraktivitas di Taman Nasional Komodo," jelas Dahong didampingi Wakil Gubernur NTT

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Senin 27 Juni 2022 : Andin Murka Elsa Bilang Aldebaran Sudah Meninggal, Nyatanya?

Ie mengatakan bahwa diperlukan kajian daya dukung daya tampung wisata untuk mengetahui maksimal jumlah pengunjung di Pulau Komodo.

Halaman:

Editor: Resti Seli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB Mendaftar Bareng Tunjukkan Kekompakan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:31 WIB

Ferdy Sambo Tersangka Tewasnya Brigadir J

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:11 WIB
X