G20 Didorong Kembangkan Rencana Aksi Myata Atasi Perubahan Iklim

- Kamis, 30 Juni 2022 | 23:39 WIB
Ilustrasi - Dukung pelestarian kawasan pantai, PLN tanam 4.000 mangrove dan bangun fasilitas ekowisata. ANTARA/HO-
Ilustrasi - Dukung pelestarian kawasan pantai, PLN tanam 4.000 mangrove dan bangun fasilitas ekowisata. ANTARA/HO-

 

Floreseditorial.com - Forum G20 2022 di bawah kepemimpinan Indonesia didorong untuk mengembangkan rencana aksi nyata untuk mengatasi perubahan iklim dan polusi udara.

"G20 di bawah kepresidenan Indonesia diharapkan bisa mengembangkan rencana aksi yang nyata," kata Wakil Presiden Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Pasifik dari ADB Ahmed M Saeed dalam S20 High Level Policy Webinar bertema Applying Science and Technology to Achieve Clean Air and Climate Co-Benefits yang diadakan dalam jaringan di Jakarta, Kamis.

Saeed mengatakan tindakan nyata untuk mengatasi perubahan iklim dan polusi udara dapat memberikan manfaat bersama yang signifikan untuk membantu negara memenuhi tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Kemenag siapkan layanan pengaduan daring haji 2022

Menurut dia, untuk mencapai tujuan Perjanjian Iklim Paris (Paris Agreement), pengurangan emisi karbon dioksida saja tidak akan cukup.

Saeed menuturkan polutan iklim berumur pendek yang dikenal seperti metana, ozon troposfer dan karbon hitam, komponen partikel dapat menyebabkan pemanasan iklim juga. Dalam beberapa kasus, lebih parah daripada gas rumah kaca.

Oleh karena itu, tindakan untuk mengurangi polutan udara tersebut sama pentingnya dengan tindakan untuk mengurangi gas rumah kaca yang lebih umum dikenal.

Baca Juga: Indonesia incar dua kemenangan fase grup Piala FIBA Asia 2022

Menurut analisis Badan Energi Internasional, jika janji dan komitmen yang dibuat pemerintah dalam COP26 dipenuhi sepenuhnya dan tepat waktu, maka akan ada kenaikan suhu global menjadi 1,8 derajat Celsius, lebih tinggi dari yang ditargetkan, yakni 1,5 derajat Celsius.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB Mendaftar Bareng Tunjukkan Kekompakan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:31 WIB

Ferdy Sambo Tersangka Tewasnya Brigadir J

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:11 WIB
X