Seluruh Menlu Negara Anggota Dipastikan Hadiri FMM G20 2022

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 18:32 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) saat turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja dan pertemuan bilateral di Uni Emirat Arab, Jumat (1/7/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) saat turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja dan pertemuan bilateral di Uni Emirat Arab, Jumat (1/7/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden.

Floreseditorial.com - Seluruh menteri luar negeri, negara-negara anggota G20 dipastikan akan menghadiri forum Pertemuan Menteri Luar Negeri (FMM) G20 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada 7-8 Juli.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di sela-sela mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab, Jumat (1/7).

"Alhamdulillah hari ini kita dapat konfirmasi melalui saluran diplomatik bahwa semua menteri luar negeri anggota G20 akan hadir pada pertemuan itu," kata Menlu Retno dalam keterangan persnya yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, Jumat (1/7) malam.

Baca Juga: TKW Asal Malaka Meninggal di Malaysia, Sempat Telpon Tanyakan Anak

Menlu Retno mengatakan bahwa pihaknya terus menjalin konsultasi dan komunikasi intensif dengan semua negara-negara anggota G20 di tengah situasi kompleks yang sedang dihadapi dunia.

Upaya konsultasi dan komunikasi intensif itu membuahkan hasil positif dengan konfirmasi kehadiran dari seluruh menlu negara anggota G20 dalam FMM G20 2022 nanti.

Retno menyampaikan apresiasi atas komitmen yang disampaikan oleh kolega-koleganya tersebut.

Baca Juga: Ini Peran Rusia Dalam Pembangunan Sejumlah Infrastruktur di Indonesia

"Saya sampaikan penghargaan yang tinggi kepada semua kolega saya yang telah nyatakan komitmen untuk hadir," katanya.

Menurut Menlu, komitmen tersebut mengembangkan optimisme bahwa para pemimpin negara G20 bisa memperlihatkan kepemimpinannya dalam menciptakan perdamaian dan kemanusiaan.

"Situasi dunia memang sangat sulit, kita perlu kerja sama menjalankan komitmen untuk perdamaian dan kemanusiaan.

Baca Juga: Bocah 13 Tahun di TTU Hilang Terseret Banjir

Dunia menunggu pemimpin G20 untuk menunjukkan kepemimpinannya bagi perdamaian, kemanusiaan, dan kemakmuran," kata Menlu Retno.

Indonesia selaku Presiden G20 juga diketahui telah menyampaikan undangan kepada Ukraina untuk menghadiri FMM G20 2022 di Bali pada 7-8 Juli.

Kendati demikian seturut keterangan Co-Sherpa G20 Indonesia Dian Triansyah Djani belum ada kepastian apakah Menlu Ukraina akan hadir secara langsung atau mengikuti forum lewat saluran virtual.

G20 adalah kelompok 20 ekonomi terbesar dunia yang beranggotakan Indonesia, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, China, Turki, serta Uni Eropa.

Sebagai Presiden G20 untuk tahun 2022, Indonesia menyelenggarakan berbagai pertemuan terkait dengan tiga isu prioritas yang dipilih yaitu arsitektur kesehatan global, transisi energi yang berkelanjutan, dan transformasi digital.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Panglima TNI Kawal Kasus Yang Melibatkan Anggota TNI

Senin, 15 Agustus 2022 | 14:21 WIB

Ketua KPU Jelaskan Tiga Kategori Pendaftaran Parpol

Senin, 15 Agustus 2022 | 06:42 WIB
X