Berbeda dengan Mahar, MUI Sulsel Terbitkan Fatwa Mengenai Uang Panai

- Minggu, 3 Juli 2022 | 08:50 WIB
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan menerbitkan Fatwa nomor 2 tentang Uang Panai. (Foto : Ilustrasi/Istimewa)
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan menerbitkan Fatwa nomor 2 tentang Uang Panai. (Foto : Ilustrasi/Istimewa)

Floreseditorial.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan menerbitkan Fatwa nomor 2 tentang uang panai.

Uang panai adalah harta yang diberikan pihak laki-laki ke pada pihak perempuan sebelum menikahinya.

Dalam fatwa tersebut, MUI Sulsel merekomendasikan agar uang panai yang telah menjadi tradisi dalam pernikahan adat Bugis tersebut dapat menghasilkan infak.

Baca Juga: Ini Kelemahan Timnas Indonesia U 19 VS Vietnam, Shin Tae Yong : Sangat Disayangkan!

"MUI Sulsel merekomendasikan untuk keberkahan uang panai diimbau mengeluarkan sebagian infaknya kepada orang yang berhak melalui lembaga resmi," kata Ketua MUI Sulsel Prof KH Najamuddin saat konferensi pers, Sabtu 2 Juli, seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, MUI juga merekomendasikan agar uang panai tersebut tidak menjadi penghambat  dalam pernikahan, hendaknya harus disepakati oleh kedua belah pihak.

Itu pun disebutkan demi menghindar dari sifat-sifat tabzir,  israf (pemborosan), serta gaya hedonis.

Najamuddin mengatakan fatwa tersebut berkesesuaian dengan Al Quran Surah Al Baqarah 2:185 dan Al Maidah 5:6, tentang memudahkan kehidupan. Juga dengan dutsy Al Baqarah 2:195 dan Al Qasas 28:77 tentang perbuatan baik.

Ketua Bidang Fatwa MUI Sulsel KH Ruslan juga mengatakan, untuk ketentuan hukum tentang uang panai adalah adat yang hukumnya mubah, artinya tidak melanggar syariat Islam, yang ke dua hendaknya tidak menjadi penghalang bagi ke dua belah pihak.

Lanjutan Ruslan, memuliakan perempuan, tidak memberatkan salah satu pihak, jujur dan tidak manipulatif, bentuk komitmen dan tanggung jawab serta kesungguhan calon suami sebagai bentuk tolong-menolong (ta'awun) dalam rangka menyambung silaturahim.

Halaman:

Editor: Resti Seli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Panglima TNI Kawal Kasus Yang Melibatkan Anggota TNI

Senin, 15 Agustus 2022 | 14:21 WIB

Ketua KPU Jelaskan Tiga Kategori Pendaftaran Parpol

Senin, 15 Agustus 2022 | 06:42 WIB
X