Resmi! Pemprov NTT Tetapkan Tarif Masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar Sebesar Rp 3,75 Juta

- Senin, 4 Juli 2022 | 20:09 WIB
Puncak Pulau Padar Kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Mabar, NTT.  (manggarai barat.victorynews.id/gerasimos satria)
Puncak Pulau Padar Kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Mabar, NTT. (manggarai barat.victorynews.id/gerasimos satria)

Floreseditorial.com - Tarif masuk pulau Komodo dan Pulau Padar telah ditetapkan oleh pemerintah provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi Rp 3,75 Juta.

Tarif ini berlaku bagi wisatawan lokal maupun mancanegara jika ingin berkunjung ke Pulau Komodo dan Pulau Padar, Kabupaten Manggarai Barat.

“Pemerintah NTT telah memutuskan untuk menetapkan tarif kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo dan Pulau Padar. Tarif itu mulai diberlakukan pada 1 Agustus 2022," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sonny Z Libing kepada wartawan di Kupang, Senin (04 Juli 2022).

Baca Juga: Serangan Hiu Tewaskan Dua Orang Wanita

Penetapan harga 3,75 juta itu telah melalui beberapa tahapan. Misalnya kajian akademik para ahli lingkungan dari IPB Bogor dan Universitas Indonesia yang diminta secara khusus Pemerintah NTT untuk mengkaji carrying capacity di Pulau Komodo dan Pulau Padar.

“Hasil kajian terhadap ke dua pulau ini sangat mengejutkan. Terjadi penurunan nilai jasa ekosistem sehingga perlu dilakukan konservasi untuk menutupi kerusakan ataupun jasa ekosistem ini, ” imbuhnya.

Lanjut Sony, selain penetapan tarif, pemerintah juga akan membatasi pengunjung yang ingin berkunjung ke kedua pulau ini yakni 200.000 per tahun.

Baca Juga: Pasukan Operasi Satgas Pulau Terluar Wilayah Barat Tiba Di Natuna

Karena selama ini, kunjungan wisatawan mencapai 300.000-400.000 per tahun.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Panglima TNI Kawal Kasus Yang Melibatkan Anggota TNI

Senin, 15 Agustus 2022 | 14:21 WIB

Ketua KPU Jelaskan Tiga Kategori Pendaftaran Parpol

Senin, 15 Agustus 2022 | 06:42 WIB
X