Mobil Dinas Wakil Ketua DPRD Manggarai Timur Punya Pelat Nomor Ganda

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 19:57 WIB
Mobil Dinas Wakil Ketua DPRD Manggarai Timur Punya Pelat Nomor Ganda
Mobil Dinas Wakil Ketua DPRD Manggarai Timur Punya Pelat Nomor Ganda

Floreseditorial.com - Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Bernardus Nuel, diketahui tidak menggunakan pelat asli pada kendaraan dinasnya.

Mempunyai pelat mobil ganda dapat dikenai sanksi penilangan bahkan pemalsuan identitas, karena setiap kendaraan memiliki plat nomor berbeda.

Baca Juga: BMW Luncurkan The New 5 Touring M Sport Edisi Terbatas di Indonesia

Berdasarkan Pasal 263 junto 266 KUHP menyebutkan pemalsuan plat nomor kendaraan bermotor dapat dikenai ancaman pidana penjara selama 6 hingga 7 tahun.

Selain dikenakan pasal dalam KUHP, pemalsuan kendaraan bermotor dan pemilik kendaraan dengan pelat nomor ganda juga dapat dikenai Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) dengan ancaman penjara dan denda.

Pasal 288 ayat (1) UU LLAJ menyatakan, setiap pengendara yang tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Baca Juga: Benarkah Sepeda Motor Listrik Alessa eX3000 Asli Produk Indonesia?

Dalam kejadian menggunakan pelat nomor ganda karena tidak sesuai dengan nomor kendaraan yang terdaftar juga termasuk dalam ketidaklengkapan STNK karena tidak sesuai dengan yang tertera.

Seperti yang diketahui, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Bernardus Nuel, menggunakan nomor polisi yang tidak sesuai dengan surat - surat kendaraan.

Halaman:

Editor: Redaksi FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB Mendaftar Bareng Tunjukkan Kekompakan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:31 WIB

Ferdy Sambo Tersangka Tewasnya Brigadir J

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:11 WIB
X