Penetapan Harga Tiket Masuk TN Komodo Tanpa Payung Hukum, Pengamat Hukum Undana Buka Suara

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:56 WIB
Penetapan Harga Tiket Masuk TN Komodo Tanpa Payung Hukum, Pengamat Hukum Undana Buka Suara (Antara)
Penetapan Harga Tiket Masuk TN Komodo Tanpa Payung Hukum, Pengamat Hukum Undana Buka Suara (Antara)

Floreseditorial.com - Polemik kenaikan tiket TN Komodo yang semula ratusan ribu naik menjadi 3,75 Juta mendapat sorotan dari berbagai tokoh.

Pengamat Hukum Administrasi Pemerintahan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang Dr. Jhon Tuba Helan menilai, kenaikan harga tiket masuk ke TN Komodo yang semula 150 ribu untuk wisatawan lokal dan 300 ribu untuk wisatawan mancanegara belum memiliki payung Hukum.

“Penetapan tarif itu bisa berlaku jika sudah ada Perda. Jadi peraturan dibuat dulu barulah dieksekusi lewat keputusan gubernur tentang penetapan tarif,” katanya kepada mengutip antara, Selasa 2 Agustus 2022.

Baca Juga: Pemerintah Akan Bangun Pusat Pelatihan Sepak Bola Di IKN Nusantara

Mantan Kepala Ombudsman Perwakilan NTT-NTB mengatakan, selama proses pembuatan Perda tentang tarif masuk Pulau Komodo belum dilakukan maka penetapan tarif itu tidak boleh diterapkan karena menyalahi aturan dan justeru berujung pada polemik.

Menurut Tuba Helan, proses pembahasan Perda itu tidak boleh dilakukan sendiri-sendiri, perlu libatkan dengan pelaku pariwisata yang mendiami wilayah tersebut, khususnya Manggarai Barat.

“Tak hanya itu, tokoh masyarakat dan pihak-pihak terkait juga perlu dilibatkan sehingga Peraturan Daerah yang ditetapkan nantinya benar-benar atas kesepakatan bersama secara demokratis,” tambah dia.

Baca Juga: Polda Riau Memproses Sembilan Tersangka Kasus Karhutla

Nanti jika sudah ada Perda nya, barulah pemerintah dapat mengeluarkan keputusan gubernur yang merupakan pelaksana dari Perda itu dalam menetapkan pelaksanaan tarif masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo.

Halaman:

Editor: Redaksi FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB Mendaftar Bareng Tunjukkan Kekompakan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:31 WIB

Ferdy Sambo Tersangka Tewasnya Brigadir J

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:11 WIB
X