Wakil Ketua MPR Dorong Optimalisasi Potensi Desa Untuk Kesejahteraan

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:28 WIB
Wakil Ketua MPR RI Syariefuddin Hasan,
Wakil Ketua MPR RI Syariefuddin Hasan,

Floreseditorial.com - Wakil Ketua MPR RI Syariefuddin Hasan atau Syarieqf Hasan mendorong potensi yang dimiliki oleh desa untuk dikembangkan secara optimal dan maksimal serta dikelola secara profesional untuk menaikkan kesejahteraan rakyat di pedesaan secara keseluruhan.

"Banyak sekali potensi desa yang bisa dikembangkan seperti kuliner khas, wisata alam, dan kekayaan seni budaya. Namun, kebanyakan semua itu dikelola rakyat secara individu dan masih memakai cara tradisional," kata Syarief Hasan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, dia menilai perlu diselenggarakan pendampingan dalam pengelolaan kekayaan desa untuk meningkatkan produksi. Selain itu, diperlukan pula perluasan dan penguatan jaringan pemasaran.

Baca Juga: Ferdy Sambo Tersangka Tewasnya Brigadir J

Syarief Hasan mengatakan hal itu saat menjadi narasumber utama acara diskusi interaktif bertema "Dengar Pendapat Masyarakat" di Aula Sarongge Valley. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama MPR RI dengan Pemerintah Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (9/8).

Selain diskusi, acara tersebut juga menghadirkan pameran beragam produk kuliner lokal masyarakat yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ciputri. Turut Hadir dalam diskusi ialah Kepala Desa Ciputri Nia Novi Hertini, Ketua BUMDes Irfan Nasution, dan sekitar 100 orang masyarakat sekitar sebagai peserta.

Dia mendorong seluruh elemen masyarakat mendukung BUMDes di setiap desa agar tetap bertahan dan bisa berkembang lebih besar.

Baca Juga: Timsus Polri Ungkap Fakta di Balik Kematian Brigadir J, Ternyata Ini yang Terjadi

"Begitu sampai di Desa Ciputri ini, saya berkesempatan meninjau stand produk kuliner khas desa ini yang dikelola BUMDes. Saya perhatikan produknya beragam dengan kemasan yang tidak kalah dengan produk yang dijual di supermarket besar," katanya.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengacara Lukas Enembe Disomasi Gubernur Papua Barat

Selasa, 27 September 2022 | 14:10 WIB

Berikut Cara Mudah Daftar Jadi Guru ASN PPPK 2022

Selasa, 27 September 2022 | 10:14 WIB

Pelaku Pembobol ATM Diringkus Polres Sukabumi

Selasa, 27 September 2022 | 08:00 WIB

Fosil Asli Gajah Mada Ada di NTT, ini Alamat Lengkapnya

Selasa, 27 September 2022 | 06:08 WIB

Aksi Solidaritas Warga Colol Bangun Jembatan Gantung

Senin, 26 September 2022 | 19:48 WIB
X