Gempa Berkekuatan Magnitudo 5.2 Guncang Sumba Timur NTT, Ini Penyebabnya

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:44 WIB
Informasi gempa di Sumba Timur NTT (Twitter BMKG)
Informasi gempa di Sumba Timur NTT (Twitter BMKG)


 
Floreseditorial.com - Gempa berkekuatan 5.2 SR mengguncang Sumba Timur, NTT, pada Sabtu, 13 Agustus 2022, pukul 07.18.33 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 11,49° LS ; 119,70° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 152 Km arah Selatan Kota Waibakul, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 34 km.
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran turun di zona outerrise Sumba. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)" jelas Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu siang.

Baca Juga: Tak Seindah Nama, SMAN Restorasi Doreng Ternyata Tak Punya Toilet, Siswa Harus Buang Air di Toilet Warga
 
Ia menerangkan, berdasarkan estimasi peta guncangan ( shakemap ), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Karera, Pinu Pahar, Sumba Timur dengan skala intensitas II - III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu) dan daerah Tabundung, Sumba Timur dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.
 
"Hingga pukul 08.05 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)" terang dia.

 Baca Juga: Datang dan Saksikan Pentas Seni Teater 'Randang Lingko' dan 'Tarian Caci' di Waterfront City Labuan Bajo


Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.
 
Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.*

Editor: Paulus Jehaman

Tags

Terkini

Pengacara Lukas Enembe Disomasi Gubernur Papua Barat

Selasa, 27 September 2022 | 14:10 WIB

Berikut Cara Mudah Daftar Jadi Guru ASN PPPK 2022

Selasa, 27 September 2022 | 10:14 WIB

Pelaku Pembobol ATM Diringkus Polres Sukabumi

Selasa, 27 September 2022 | 08:00 WIB

Fosil Asli Gajah Mada Ada di NTT, ini Alamat Lengkapnya

Selasa, 27 September 2022 | 06:08 WIB

Aksi Solidaritas Warga Colol Bangun Jembatan Gantung

Senin, 26 September 2022 | 19:48 WIB
X