PPDI Gandeng IFES Dan UMJ Selenggarakan Program 'Engage Training'

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 15:41 WIB
Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) berkolaborasi bersama International Foundation Election System (IFES)
Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) berkolaborasi bersama International Foundation Election System (IFES)

Floreseditorial.com - Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) berkolaborasi dengan International Foundation Election System (IFES) dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyelenggarakan Program "Engage Training" bertema "Engaging a New Generation for Accessible Governance and Elections".

"Semoga Program 'Engage Training' bisa dilaksanakan di seluruh Indonesia untuk memberikan pendidikan politik bagi pemuda disabilitas," kata Project Manager Program "Engage Training" Fajri Hidayatullah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

PPDI berpandangan bahwa kurangnya partisipasi penyandang disabilitas sebagai warga negara pada pemilu dikhawatirkan dapat menimbulkan risiko yang menjadikan pemuda disabilitas apatis dalam pembangunan negara yang demokratis.

Baca Juga: Detik-Detik Proklamasi Diperingati Di Titik Nol Ibu Kota Negara Baru

Oleh karena itu, Program "Engage Training" menyasar pemuda disabilitas sebagai calon pemimpin dan pemilih di Indonesia.

Program ini diusulkan untuk menjawab beberapa permasalahan yang dihadapi pemuda disabilitas yang pada umumnya memiliki keterbatasan pengetahuan, akses, dan seringkali mengalami berbagai praktik diskriminasi dalam menjalankan dan memperoleh hak politiknya.

"Engage Training" dilaksanakan sejak bulan November 2021 sampai dengan bulan Agustus 2022. Sebanyak 22 mahasiswa dari berbagai universitas di Jabodetabek mengikuti program ini.

Baca Juga: Ketua DPR Kenakan Kebaya Model Kartini Di Upacara Kemerdekaan RI

Rangkaian kegiatan program yang dilakukan adalah pembukaan program, pembekalan fasilitator, pelatihan peserta, projek komunitas yang bekerja sama dengan KPU DKI Jakarta dan Bawaslu RI dilanjutkan magang peserta di KPU DKI Jakarta dan Bawaslu RI, serta penutupan program.

Salah satu peserta "Engage Training" Alfrida Hermawati dari Universitas Muhammadiyah Jakarta mengatakan "Engage Training" yang telah diikuti sangat memberikan dampak yang positif. "Saya mendapatkan pengetahuan baru terutama tentang politik dan kepemimpinan.” katanya.

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Joko Widodo Menegaskan Urgensi Reformasi Hukum

Senin, 26 September 2022 | 12:53 WIB

Terkait Kasus Lukas Enembe, KPK Panggil Dua Orang Saksi

Senin, 26 September 2022 | 12:30 WIB

Terjadi Ledakan di Asrama Polisi Solo Baru

Senin, 26 September 2022 | 12:09 WIB

Toko Harapan di Ruteng Diduga Tampung Rokok Ilegal

Senin, 26 September 2022 | 10:11 WIB

Aksi Solidaritas Warga Colol Bangun Jembatan Gantung

Senin, 26 September 2022 | 08:27 WIB
X