Penghapusan Honorer 'Diteriaki' Banyak Bupati, Menpan RB Beri Jawaban, Ada Signal Batal?

- Senin, 26 September 2022 | 07:47 WIB
Penghapusan Honorer 'Diteriaki' Banyak Bupati, Menpan RB Beri Jawaban, Ada Signal Batal? (Foto Ilustrasi Orang Teriak, Sumber: Pencarian di Internet)
Penghapusan Honorer 'Diteriaki' Banyak Bupati, Menpan RB Beri Jawaban, Ada Signal Batal? (Foto Ilustrasi Orang Teriak, Sumber: Pencarian di Internet)

Floreseditorial.com - Sejumlah pemerintah daerah di Indonesia disebut-sebut melayangkan keberatan terhadap keputusan pemerintah terkait penghapusan honorer 2023 mendatang.

Bukan tanpa alasan, penolakan sejumlah bupati atas keputusan penghapusan itu dilayanganya karena harus menanggung beban biaya pegawai PPPK setelah para pegawai non ASN tersebut diangkat.

Mengutip Ayobandung.com, Senin (26/9), pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, turut merespon penolakan itu.

Baca Juga: Honorer Bakal Batal Dihapus, Benarkah Banyaknya Jalan Rusak di Daerah Jadi Penyebab?

Sebelumnya, kata Azwar Anas, sejumlah bupati teriak meminta gaji PPPK setara dengan UMR. Namun setelah besaran gaji PPPK ditetapkan untuk mengacu pada UMR dan dibebankan ke daerah, anggaran pemda menjadi melonjak untuk membiayainya.

Padahal menurutnya, sebelum ada status PPPK, pemda masih menyanggupi untuk menyediakan anggaran gaji. Namun begitu ada status PPPK, anggaran pemda tersedot hingga 30 persen untuk membiayai gaji pegawai.

“Ini yang jadi masalah. Akibatnya banyak jalan rusak di daerah karena anggarannya sudah tersedot ke gaji PPPK,” ujar Azwar Anas.

Baca Juga: Devano Danendra Kembali Menghadirkan Lagu Hari Paling Bahagia

Azwar Anas juga menyebut bahwa penghapusan honorer pada tahun 2023 banyak ditentang oleh kepala daerah karena geraknya terkunci dan tidak bisa lagi merekrut pegawai honorer baru.

Halaman:

Editor: Andy Paju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Rumah Warga Borong Hangus Terbakar

Kamis, 24 November 2022 | 17:03 WIB

Ini Jadwal Kapal Seputar NTT Kamis 24 November 2022

Rabu, 23 November 2022 | 19:58 WIB

Ki Joko Bodo Meninggal Dunia

Selasa, 22 November 2022 | 11:35 WIB
X