Anda Termasuk Calon Anggota Panwascam Pemilu 2024? Ketahui Tugas, Kewajiban Serta Wewenangnya!

- Selasa, 27 September 2022 | 10:16 WIB
Anda Termasuk Calon Anggota Panwascam Pemilu 2024? Ketahui Tugas, Kewajiban Serta Wewenangnya! (Sumber Foto Ilustrasi : Internet)
Anda Termasuk Calon Anggota Panwascam Pemilu 2024? Ketahui Tugas, Kewajiban Serta Wewenangnya! (Sumber Foto Ilustrasi : Internet)

Floreseditorial.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, mulai membuka proses perekrutan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan melalui Bawaslu Kabupaten/kota.

Hal itu diketahui pasca Bawaslu Kabupaten/Kota di sejumlah daerah resmi membuka pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan atau Panwascam.

Perekrutan anggota Panwaslu atau Panwascam itu dilakukan dalam rangka persiapan penyelenggaraan seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 2024 mendatang.

Seperti diketahui, Badan Pengawas Pemilu adalah lembaga negara yang memiliki tugas pokok dan fungsi melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan pemilihan dan pemilu di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Grup Band Geisha Memperkenalkan Lagu Terbarunya 'Sabar' di Acara Monday Reply

Panwaslu Kecamatan atau Panwascam merupakan panitia ad hock yang dibentuk oleh badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di tingkat Kabupaten/Kota untuk mengawasi penyelengaraan pemilu di tingkat Kecamatan.

Dengan begitu, menjadi anggota Panwaslu Kecamatan atau Panwascam bukanlah tugas yang mudah dijalankan. Maka, setiap anggota dituntut untuk harus benar-benar mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lantas, tahukah anda seperti apa saja tugas, kewajiban serta wewenang Panwaslu Kecamatan atau Panwascam?

Baca Juga: Benarkah Akibat Keseringan Makan Gorengan Bisa Menimbulkan Panas Dalam?

Halaman:

Editor: Andy Paju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Larangan Berzina Membuat Pengusaha Hotel Khawatir

Kamis, 8 Desember 2022 | 18:44 WIB

Bom Bunuh Diri Guncang Polsek Astana Anyar Pagi Ini

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:10 WIB

7 Catatan Wapres Pascakunjungan Lima Hari ke Papua

Senin, 5 Desember 2022 | 21:51 WIB

Justin Holiday Bangga Kenakan Batik Indonesia

Senin, 5 Desember 2022 | 19:37 WIB
X