Tugu Kongres Santri Pancasila Pertama di Indonesia Diresmikan

- Jumat, 30 September 2022 | 08:35 WIB
Tugu Kongres Santri Pancasila Pertama di Indonesia Diresmikan
Tugu Kongres Santri Pancasila Pertama di Indonesia Diresmikan

Floreseditorial.com - Bupati Aceh Barat H Ramli MS bersama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof KH Yudian Wahyudi meresmikan Tugu Kongres Santri Pancasila pertama di Indonesia yang terletak di depan pintu gerbang Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

“Pembangunan Tugu Kongres Santri Pancasila ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan bagi masyarakat Aceh, di tengah maraknya ideologi transnasional yang kini mulai masuk ke Indonesia khususnya di Kabupaten Aceh Barat,” kata Bupati Ramli MS, di Meulaboh, Kamis.

Baca Juga: Rekrutmen Pendamping Lokal Desa Tahun Anggaran 2022 Resmi Dibuka, Berikut Syarat dan Link Pendaftaranya

Menurutnya, Tugu Kongres Santri Pancasila pertama di Indonesia ini akan menjadi salah satu ikon Kabupaten Aceh Barat, dalam mengenang jasa para santri dan ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di masa lalu.

Selain itu, pembangunan tugu tersebut sebagai simbol dalam menjaga nilai-nilai Pancasila di Aceh Barat dengan julukan “Bumi Teuku Umar”.

Ramli MS juga meminta kepada semua pihak agar jangan pernah memberi stigma santri dan ulama sebagai pihak yang anti-Pancasila, karena para santri dan ulama yang akan membela bangsa Indonesia di garda terdepan dalam mengawal dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, tugu yang dibangun bersumber dari sumbangan perusahaan dan masyarakat tersebut, sebagai upaya dirinya untuk meyakinkan masyarakat bahwa tidak ada pertentangan antara ajaran Islam dengan Pancasila.

Baca Juga: PAN Manggarai Timur, Punya Banyak Kursi Tapi Kalah

Bupati Aceh Barat H Ramli MS bersama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof KH Yudian Wahyudi (kanan), melakukan Salam Pancasila bersama unsur Forkopimda Aceh dan Aceh Barat, seusai meresmikan Tugu Kongres Santri Pancasila pertama di Indonesia yang terletak di depan pintu gerbang Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (29/9/2022) petang.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Larangan Berzina Membuat Pengusaha Hotel Khawatir

Kamis, 8 Desember 2022 | 18:44 WIB

Bom Bunuh Diri Guncang Polsek Astana Anyar Pagi Ini

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:10 WIB

7 Catatan Wapres Pascakunjungan Lima Hari ke Papua

Senin, 5 Desember 2022 | 21:51 WIB

Justin Holiday Bangga Kenakan Batik Indonesia

Senin, 5 Desember 2022 | 19:37 WIB
X