Pemkab Boyolali Lakukan Penelitian Penemuan Situs Purbakala Gumuk Watu Serut di Tlawong

- Jumat, 30 September 2022 | 08:39 WIB
Pemkab Boyolali Lakukan Penelitian Penemuan Situs Purbakala Gumuk Watu Serut di Tlawong
Pemkab Boyolali Lakukan Penelitian Penemuan Situs Purbakala Gumuk Watu Serut di Tlawong

Floreseditorial.com - Pemerintah Kabupaten Boyolali melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat bersama Arkeolog Yogyakarta melakukan penelitian penemuan situs Gumuk Watu Serut yang merupakan benda purbakala di area sawah Desa Tlawong Kecamatan Sawit.

"Kami menggandeng Arkeolog Yogyakarta melakukan penelitian penemuan situs tersebut untuk penyelamatan dan pelestarian benda-benda purbakala di wilayah Boyolali," kata Sekretaris Disdikbud Boyolali, Waskito Raharjo, di Desa Tlawong Sawit, Boyolali, Jumat.

Waskito mengatakan penyelamatan tersebut dilakukan bersama arkeolog asal Yogyakarta dan mengajak sejumlah tokoh masyarakat di Desa Tlawong, Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Gula Aren dan Gula Jawa, Mana Lebih Enak?

“Kegiatan ini bertujuan untuk penyelamatan dan pelestarian benda purbakala. Penyelamatan ini kita lakukan arkeolog asal Yogyakarta bersama Disdikbud Boyolali dan sejumlah tokoh masyarakat di desa Tlawong, Sawit,” katanya, Kamis (29/9/2022) siang.

Tim ahli sedang melakukan pengukuran lokasi situs dan kemudian nanti pada sudut yang dikasih tanda titik selanjutnya akan dilakukan penggalian diperkirakan selama dua minggu ke depan.

“Pada sudut lokasi situs ini dikasih tanda titik, kemudian dilakukan penggalian. Ya, penggaliannya diperkirakan selama dua minggu,” jelasnya.

Baca Juga: Pianis Muda Jonathan Kuo Gelar Konser di Tiga Negara

Sementara itu, Dwi Kurnia Sandy selaku Konsultan Arkeologi Yogyakarta mengatakan pengukuran dimulai sejak Kamis (29/9), kemudian dilanjutkan penggalian guna mengetahui luasan lokasi situsnya.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Larangan Berzina Membuat Pengusaha Hotel Khawatir

Kamis, 8 Desember 2022 | 18:44 WIB

Bom Bunuh Diri Guncang Polsek Astana Anyar Pagi Ini

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:10 WIB

7 Catatan Wapres Pascakunjungan Lima Hari ke Papua

Senin, 5 Desember 2022 | 21:51 WIB

Justin Holiday Bangga Kenakan Batik Indonesia

Senin, 5 Desember 2022 | 19:37 WIB
X