Kasal: Perlu Implementasi Pertahanan IKN Berbasis Teknologi

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 11:43 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono

Floreseditorial.com - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan perlu penyesuaian strategi pertahanan secara menyeluruh dalam menjaga Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan konsep pertahanan cerdas (smart defense).

"Dalam perwujudannya, membutuhkan suatu implementasi smart defense, yakni pertahanan ibu kota yang berbasis teknologi, diplomasi, dan kearifan lokal yang terintegrasi, sebagai bagian dari Strategi Pertahanan Laut Nusantara (SPLN) yang bersifat semesta, dengan melibatkan seluruh komponen dan sumber daya nasional," kata Yudo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pernyataan Yudo itu disampaikan Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono di Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal) Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (27/10), pada Seminar Akhir Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-60 Tahun 2022.

Baca Juga: Sekjen PBB Dukung Penuh Penyelenggaraan KTT G20 di Bali

Menurut Yudo, pemindahan IKN merupakan satu langkah strategis berimplikasi pada center of gravity negara Indonesia, yang berdampak pada aspek politik, ekonomi, sosial, budaya serta aspek pertahanan dan keamanan.

"Dalam perspektif geostrategis, Ibu Kota Nusantara berada pada posisi yang strategis. Namun demikian, mengandung kerentanan terhadap ancaman," katanya.

Selanjutnya, pertahanan negara Indonesia disusun dengan memperhatikan geografi sebagai negara kepulauan. Maka, pertahanan matra laut disusun dalam konsep SPLN berdasarkan dinamika lingkungan strategis maupun kemampuan sumber daya nasional.

SPLN diselenggarakan untuk mencegah niat dan menindak pihak-pihak yang mengganggu kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Baca Juga: IdeaFest 2022 Hadirkan Seniman Jepang Takashi Murakami

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB Diyakini Segera Matangkan Capres-Cawapres

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:19 WIB
X