BPOLBF Raih Anugerah Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dari KemenPANRB

- Rabu, 7 Desember 2022 | 08:58 WIB
BPOLBF Raih Anugerah Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dari KemenPANRB (Foto: Screenshoot Canal YouTube MenPANRB)
BPOLBF Raih Anugerah Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dari KemenPANRB (Foto: Screenshoot Canal YouTube MenPANRB)

Labuan Bajo, Floreseditorial.com - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menerima Anugerah Penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (KemenPANRB).

Anugerah WBK itu diketahui melalui penayangan live di canal YouTube KemenPANRB atas acara "Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi", pada Selasa (06/12/2022), dimana BPOLBF sendiri menjadi salah satu instansi dari 102 unit kerja peraih predikat Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi 2022.

Sepanjang tahun 2022, KemenPANRB telah melaksanakan evaluasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) di 34 Pemerintah Provinsi dan 503 Pemerintah Kabupaten/Kota, serta evaluasi Reformasi Birokrasi pada 34 Pemerintah Provinsi dan 463 Kabupaten/Kota.

Baca Juga: Bantai Swiss Tanpa Ampun, Portugal Berhasil Melenggang ke Perempat Final Piala Dunia 2022

Dalam 5 tahun terakhir indeks Reformasi Birokrasi dan SAKIP instansi pemerintah di Indonesia terus mengalami peningkatan dengan dibuktikan melalui terwujudnya birokrasi yang lebih sederhana, lincah, dan cepat, serta birokrasi yang berorientasi pada hasil.

Dalam sambutannya, Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi yang dilakukan Kementerian PANRB merupakan bagian dan upaya mendorong percepatan Reformasi Birokrasi dan kegiatan penganugerahan yang dilakukan tersebut diharapkan dapat direplikasi oleh daerah.

"Sungguh kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk mendorong percepatan Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik di Republik Indonesia. Tentu tidak semua terpilih tetapi setidaknya harapan kami yang mendapat predikat ini ke depannya akan bisa direplikasi oleh daerah", jelas Azwar Anas.

Baca Juga: Kamu Pengguna Ponsel Android? Ini 33 Kode Rahasia yang Bikin Kamu Jago Seperti Hacker

Selanjutnya, dalam laporan yang disampaikan Sekretaris Kementerian PANRB,  Rini Widyantini, disampaikan bahwa Evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP, Zona Integritas (ZI) melalui WBK dan WBBM, Indeks Pelayanan Publik, Penyediaan Sarana dan Prasarana Ramah Kelompok Rentan merupakan upaya untuk mewujudkan birokrasi yang berkelas dunia.

Halaman:

Editor: Andy Paju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB Diyakini Segera Matangkan Capres-Cawapres

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:19 WIB
X