Jaringan Internet Bermasalah, Siswa SMP di Elar Selatan Terpaksa Ujian di Kebun Warga

- Rabu, 7 Desember 2022 | 13:26 WIB
Jaringan Internet Bermasalah, Siswa SMP di Elar Selatan Terpaksa Ujian di Kebun Warga
Jaringan Internet Bermasalah, Siswa SMP di Elar Selatan Terpaksa Ujian di Kebun Warga

Floreseditorial.com- Keterbatasan Jaringan Internet di sekitar gedung sekolah membuat puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Manggarai Timur NTT terpaksa harus melaksanakan ujian Akhir semester (UAS) Berbasis Digital (USBD) di sekitaran rumah warga.

Kondisi ini harus dilalui 47 siswa-siswi SMPN Satu Atap (SATAP) Ratalai, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur selama tanggal 5 sampai 9 desember 2022 saat pelaksanaan Ujian Berbasis Digital (USBD) berlangsung.

Siswa dan para guru terpaksa harus berjalan kaki menuju rumah warga sejauh 5 Kilometer dari lokasi sekolah untuk mencari lokasi yang internetnya stabil demi mengikuti ujian.

Baca Juga: Bom Bunuh Diri Mapolsek Astana Anyar, Pelaku Tewas 3 Anggota Polisi Luka-luka

Sambil berjalan, para siswa dan guru juga membawa perangkat laptop sebagai alat penunjang saat mengikuti ujian.

Menurut Wilfridus Riberu salah seorang staf pengajar SMPN Satu Atap (SATAP) Ratalai bahwa kondisi tersebut sudah terjadi setiap kali diadakannya ujian.

Selain ketiadaan jaringan internet, dia pun menuturkan bahwa sebagian besar siswa tidak memiliki handphone sehingga para guru harus memberikan hotspot ke laptop agar para siswa bisa mengakses internet.

"Kami menggunakan HP bapa ibu guru untuk hotspot ke laptop, pakai data pribadi yang kami belanjakan dari uang pribadi" ungkapnya.

Menurut dia, kondisi ini selalu berulang tahun ketika pelaksanaan ujian maupun ketika adanya model pembelajaran baru yang dilakukan secara daring.

Baginya, kesulitan terbesar yang dialami adalah ketersediaan jaringan internet, disamping fasilitas pendukung seperti handphone dan laptop.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KIB Diyakini Segera Matangkan Capres-Cawapres

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:19 WIB
X