Paus Benediktus XVI Tulis Surat Terakhir Sebelum Wafat, Isinya Mengejutkan

- Minggu, 1 Januari 2023 | 10:12 WIB
) (Ini Isi Surat Terakhir Paus Benediktus XVI )
) (Ini Isi Surat Terakhir Paus Benediktus XVI )

Floreseditorial.com - Pada akhir Desember 2022 kemarin, tepatnya tanggal 31 Desember 2022, Paus Benediktus XVI meninggal dunia.

Sekedar informasi, Paus Benediktus XVI merupakan Paus Gereja Katolik yang sudah berstatus Paus Emeritus.

Hal ini disebabkan karena pada Bulan Februari 2013 silam, Paus yang bernama asli Yoseph Ratzinger tersebut mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin Katolik.

Pengunduran diri Paus Benediktus XVI tentu menjadi peristiwa langkah. Pasalnya, seorang Paus diganti ketika Paus sebelumnya wafat.

Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya perihal pengunduran diri seorang Paus sudah diatur dalam alinea kedua kanon 332 Kitab Hukum Kanonik.

Baca Juga: Wow! Rezeki Seluas Samudera akan Menghampiri 7 Shio Ini, Gimana denganmu?

Melansir Katolikpedia.id, adapun bunyi dari kitab tersebut yaitu: "Apabila Paus mengundurkan diri dari jabatannya, untuk sahnya dituntut agar pengunduran diri itu terjadi dengan bebas dan dinyatakan semestinya, tetapi tidak dituntut agar diterima oleh siapapun.".

Berdasarkan pemberitaan CNN sebagaimana dilansir FEC dari CNN Indonesia, sebelum mengundurkan diri, Paus Benediktus XVI menuliskan sebuah surat terakhir yang berisikan permohonan maaf kepada korban pelecehan seksual.

Adapun dalam surat yang diterbitkan oleh Vatikan pada Februari 2022, Paus Benediktus menyampaikan permintaan maaf umum kepada para penyintas pelecehan seksual. Namun, dia tidak menjelaskan secara spesifik terkait kesalahan pribadinya.

Dalam suratnya, Paus meminta maaf kepada semua korban pelecehan seksual.

"Sekali lagi saya hanya bisa mengungkapkan kepada semua korban pelecehan seksual rasa malu saya yang mendalam, kesedihan saya yang mendalam dan permintaan tulus saya untuk pengampunan." tulisnya.

Baca Juga: Beruntung Sekali! Beberapa Shio Ini bakal Kaya Raya di Tahun 2023, Rezeki Mengalir Deras

Pada surat tertanggal 29 Agustus 2006, Paus Benediktus berterima kasih kepada Tuhan karena telah membimbingnya dengan baik sepanjang hidupnya.

Selain itu, ia juga menyinggung tentang banyak hal yang membuatnya bersyukur atas kehidupannya.

Paus Benediktus juga mengucapkan terima kasih kepada orang tuanya yang telah merawatnya di masa sulit. Dia kemudian berterima kasih kepada saudara perempuan dan saudara laki-lakinya.***

Halaman:

Editor: Tolentino Mbagur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alur Pendaftaran UTBK SNBT 2023, Simak ya!

Jumat, 24 Maret 2023 | 10:50 WIB

Link Pendaftaran UTBK SNBT 2023, Buruan Daftar!

Jumat, 24 Maret 2023 | 09:59 WIB

Jadwal Lengkap SNBT 2023, Jangan Skip ya!

Jumat, 24 Maret 2023 | 09:55 WIB

Cara Daftar UTBK SNBT 2023, Berikut Ulasannya

Jumat, 24 Maret 2023 | 09:23 WIB

Berikut Materi UTBK SNBT 2023, Simak yuk!

Jumat, 24 Maret 2023 | 09:05 WIB
X