Manggarai News

Kamis, 20 Juni 2019 - 14:42 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Marsel Gambang (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

Marsel Gambang (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

Sanitary Landfill, Solusi Cepat Dan Tepat Masalah Sampah di Manggarai

Floreseditorial.com, Ruteng – Pemerintah daerah kabupaten Manggarai terus berupaya untuk menyelesaikan masalah sampah yang terus mendapat sorotan masyarakat kabupaten Manggarai.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah kabupaten Manggarai adalah dengan Sistem Sanitary Landfill.

Sanitary Landfill adalah sistem pengelolaan (pemusnahan) sampah dengan cara  membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya , dan kemudian menimbunnya dengan tanah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Marselinus Gambang kepada media ini menyampaikan bahwa dinas lingkungan hidup sedang melakukan penggalian lubang untuk menerapkan sistem Sanitary Landfill di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ncolang Di Poco Kecamatan Wae Rii.

Loading...

“Kami sedang melakukan penggalian lubang untuk menerapkan sistem Sanitary Landfill, ini merupakan bentuk tanggung jawab kami dalam mengamanatkan perintah undang-undang No 18 tahun 2008 tentang Pengelolan sampah” Kata Marsel, Kamis (20/06) saat ditemui media ini di kantor dinas lingkungan hidup kabupaten Manggarai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Manggarai itu juga menyampaikan bahwa semangat pemerintah dalam menangani Maslah sampah salah satunya dikarenakan besarnya desakan Masyarakat terakait persoalan sampah.

“Ini masalah kemanusian yang harus diselesaikan dengan cepat,tepat dan benar, katanya.

Penanganan masalah sampah dengan Sistem Sanitary Landfill, kata Marsel Gambang,
bisa membawa dampak Positif lainnya.

“Karena gas Metana yang dihasilkan dari timbunan sampah bisa diubah menjadi energi listrik, karena sampah menghasilkan gas metana,” tutur Marsel

Sanitary Landfill, katanya lebih lanjut, banyak diterapkan oleh daerah lain di Indonesia karena dianggap mudah dan murah dalam operasional.

Ia menambahkan bahwa pihak pemerintah juga dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH ) tidak menutup peluang kerja sama dengan pihak ketiga untuk Pengelolan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA ) Ncolang di Poco Kecamatan Wae Ri’i.

“Kami membuka peluang kepada pihak yang ingin kerja sama dengan kami di dinas dalam pengelolan sampah di TPA Ncolang Poco,” tutup Kadis DLH itu.

Laporan : Adrian Juru.

Artikel ini telah dibaca 700 kali

Baca Lainnya