Babinkamtimbas kelurahan Watu saat mengamankan salah satu pelajar yang kedapatan sedang mabuk minuman keras (Foto: TeamYPF)

FLORESEDITORIAL.COM, RUTENG – Kenakalan remaja di kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur kembali terjadi.

Selain aksi tawuran, kali ini generasi penerus bangsa itu juga ditemui dalam keadaan mabuk minuman keras.

Pantauan media, Babinkamtimbas Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong, Bripka Andi Darma bersama Babinsa, Andi Taufan serta beberapa staff Kelurahan Watu dan ketua RT mendatangi lokasi kejadian yang bertempat di sebuah kos-kosan di kampung Rangkat.

“Siswa siswa tersebut kelihatannya mabuk akibat mengkonsumsi minuman keras,” kata salah seorang warga yang enggan namanya dimediakan itu saat ditemui media di lokasi kejadian pada Rabu (05/12/2018).

Para pelajar tersebut, kata dia, sering mengkonsumsi Miras berjenis Arak.

“Terkadang mereka minum dari pagi sampai sore hari dan hari ini tadi hampir berujung perkelahian dengan warga setempat. Pelajar yang ditangkap oleh petugas tersebut berasal dari salah satu sekolah di kota Ruteng dan masih kelas 2 SMA,” tandasnya.

Sementara siswa tersebut kepada petugas membenarkan perihal dirinya dan sejumlah sahabat – sahabatnya itu yang mengkonsumsi minuman keras itu.

“Kami minum mulai tadi pagi sampai sore hari. Kami minum dalam rangka merayakan ulang tahun saya. Saya sebelumnya tidak tahu kalau ada beberapa teman saya pergi menggangu teman-teman kos tetangga. Mereka membuat keributan di sana, sehingga warga merasa terganggu” jelas siswa yang sering dipanggil Kuin itu.

Sementara Babinkamtibmas Kelurahan Watu, Bripka Andi Darma membenarkan peristiwa perkelahian antara warga dengan pelajar yang mabuk-mabukan tersebut.

“Beberapa warga mengejar para pelajar tersebut, beberapa diantaranya melarikan diri dari amukan warga tersebut”, terang Bripka Andi kepada media ini di lokasi kejadian.

Babinkamtibmas kelurahan watu bersama Babinsa mengamankan salah seorang pelaku yang tidak sempat melarikan diri karena dalam kondisi mabuk berat.

“Kami menghimbau kepada warga untuk tidak melakukan aksi main hakim sendiri dan Kami akan melakukan pembinaan kepada pelaku untuk tidak mengulangi kembali peristiwa tersebut. Apalagi mereka yang berstatus sebagai pelajar SMA,” jelasnya.

Tampak Bripka Andi Darma  juga meminta pemilik kos untuk lebih intens dalam mengawasi anak-anak kos.

“Harus ada pengawasan terhadap anak anak kos,” tuturnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh pemilik kos di kota Ruteng untuk selalu waspada terhadap penghuni kos, khusus bagi penghuni yang berstatus pelajar Sekolah Menengah Atas.

“Jaga mereka dan kawal perkembangannya,” tukasnya.

Laporan: Hardy Sungkang

Komentar Anda?