Headline News

Minggu, 19 Mei 2019 - 12:48 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Ilustrasi

Ilustrasi

Tak Cukup Alat Bukti, Bawaslu Matim Tak Lanjutkan Penyelidikan Dugaan “Money Politics” di Borong

Floreseditorial.com, Borong – Badan pengawas pemilu kabupaten Manggarai Timur (Bawaslu Matim) memutuskan untuk menghentikan penyelidikan dugaan Money Politic di kelura Kota Ndora, kecamatan Borong, kabupaten Manggarai Timur.

Dalam press release yang diterima redkasi media ini, Sabtu (18/05/2019), Bawaslu Matim menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan kajian terhadap laporan tersebut dan hasilnya direkomendasikan untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut karena tidak cukupnya alat bukti atas laporan money politics tersebut.

Bawaslu Matim, diketahui juga telah memanggil Pelapor, terlapor dan saksi untuk mengetahui secara detail kejadian yang dilaporkan.

Pada Selasa (23/04/2019) sentra Gakumdu kabupaten Manggarai Timur melakukan pembahasan I untuk membahas pemenuhan syarat formil dan materil terhadap laporan terkait dugaan money politics tersebut dan mengeluarkan surat perintah tugas penyelidikan terhadap kepolisian yang tergabung dalam sentral Gakumdu kabupaten Manggarai Timur untuk melakukan penyelidikan dan akan dilaporkan pada pembahasan II.

Bawaslu kabupaten Manggarai Timur juga telah melakukan klarifikasi terhadap pelapor, terlapor dan saksi. Terlapor a.n Budiyanto Pua Meno menyangkal semua tuduhan yang disampaikan. Menurut pria yang bertugas sebagai anggota kepolisian itu bahwa dirinya menelpon pelapor karena sebelumnya pelapor pernah meminta bantuan berupa uang kepada terlapor untuk mengurus ijazah bukan mengajak untuk memilih salah satu pasangan calon.

Penyangkalan serupa juga disampaikan oleh Waru Pili, ketua RT setempat. Menurutnya, pemberian uang seperti yang terlihat dalam Vidio adalah uang yang dia berikan untuk dipinjam oleh Budiyanto.

Bawaslu Manggarai Timur, juga pernah meminta pelapor untuk mengajukan saksi lain untuk menguatkan laporannya, namun sampai pada pembahasan II, pelapor tak dapat mengajukan saksi lainnya.

Karena tidak cukupnya alat bukti dan saksi atas laporan terlapor, Bawaslu Manggarai Timur memutuskan untuk Tak melanjutkan Penyelidikan Dugaan Money Politic di Borong.

Laporan : Yon Sahaja

2

Artikel ini telah dibaca 56892 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya